Breaking News:

Travel

VIDEO Menengok Kampung Kerupuk di Desa Sahurai Batola

Terletak di Kecamatan Rantau Badauh, Kabupaten Barito Kuala, Desa Sahurai cukup terkenal dengan hasil olahan warganya, yakni kerupuk.

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Edi Nugroho

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Terletak di Kecamatan Rantau Badauh, Kabupaten Barito Kuala, Desa Sahurai cukup terkenal dengan hasil olahan warganya, yakni kerupuk.

Saat mengunjungi kawasan ini, maka dengan mudahnya menemukan warga yang sibuk memproduksi kerupuk dengan bahan utama singkong.

Mulai dari proses pembersihan singkong, memarut, merebus, memotong, hingga proses pengeringan di bawah terik matahari.

Diungkapkan Samsul, warga RT 01 Desa Sahurai, usaha pembuatan kerupuk di desanya sudah digeluti warganya selama puluhan tahun.

Baca juga: VIDEO Travel Mengunjungi Ikon 7 Februari Perjuangan Pagatan dan Sejarahnya

"Masyarakat di sini turun temurun melakukan pembuatan kerupuk, makanya bertahan hingga sekarang ini," ucapnya.

Saat memasuki kawasan Kampung Kerupuk ini, pengunjung tidak akan disambut dengan gerbang selamat datang atau plang nama pada umumnya.

Namun, tanda menunjukkan telah masuk kawasan kampung kerupuk, pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan kerupuk yang dijemur di kanan kiri jalan, serta aktivitas warganya yang sibuk dalam proses pengolahan.

Pengolahan terbanyak ada di RT 01, hingga ke sejumlah warga Desa Sungai Gampa Asahi yang berbatasan langsung.(Banjarmasinpost.co.id/MuhammadTabri)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved