Breaking News:

Berita Tanahlaut

VIDEO TNI Buka Jalan Tembus Tala-Banjar

Melalui TMMD ke-111, TNI kini membuka jalur alternatif dari Tala-Banjar. Lokasinya berada di Dusun Riampinang, Desa Tanjung, Kecamatan Bajuin.

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Putusnya jalan nasional di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), pertengahan Januari 2021 lalu nyaris melumpuhkan ekonomi setempat. Hal itu menyadarkan semua pihak betapa pentingnya keberadaan jalan alternatif.

Saat ini jalur alternatif yang prospektif sedang ditangani. Posisinya strategis dan vital karena menghubungkan dua kabupaten yakni Tala dan Banjar.

Lokasinya berada di Dusun Riampinang, Desa Tanjung, Kecamatan Bajuin. Tembus ke Kampung Sungaitabuk, Desa Kiram, Kecamatan Karangintan (Banjar).

Kalangan warga di Banua ini pun semringah, terutama mereka yang kerap bepergian dari dan ke Tala-Banjar. Apalagi jalur alternatif itu memangkas rentang jarak cukup sifnifikan.

"Alhamdulillah, sungguh itu kabar yang teramat melegakan. Semoga cepat selesai pengerjaannya," ucap Yadi, warga Angsau, Pelaihari (Tala), Rabu (2/6/2021).

Ia kerap bepergian ke Mandiangin (Banjar) karena memiliki kebun karet. Selama ini ia selalu menapaki jalan poros melalui jalur Cempaka (Kota Banjarbaru) yang berjarak puluhan kilometer dan menyita waktu sekitar dua jam.

"Lumayan jauh karena itu kan jalannya memutar. Kalau nanti Riampinang sudah tembus Kiram, wah jadi pendek banget jaraknya. Pastinya bakal banyak warga yang terbantu, termasuk saya," ucap bapak dua anak ini.

Senada diutarakan Syamsuni, warga Kampung Sungaitabuk. Menurutnya jalur Riampinang-Kiram sangat bermanfaat dan bakal memacu ekonomi masyarakat sekitar.

"Kampung kami pastinya nanti juga bakal tambah ramai dan maju. Artinya, terbuka lebar pula peluang usaha," ucapnya.

Bupati Tala HM Sukamta menegaskan penanganan jalur alternatif tersebut saat ini mulai difokusi agar tertuntaskan secara cepat.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved