Breaking News:

Berita HSS

185 Pejabat Administrator di HSS Diusulkan Jadi Fungsional, Bupati Jamin Tak Ada Yang Dirugikan

Sebanyak ada 185 pejabat di HSS diusulkan beralih status dari pejabat administrator ke fungsional

Penulis: Eka Pertiwi | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/eka pertiwi
ASN di Pemkab HSS tengah bekerja, Kamis (3/6/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan rencananya bakal menyederhanakan birokrasi.

Dengan adanya penyederhanaan ini maka akan ada pengurangan pejabat administrator. Itu artinya, pejabat administrator bakal berpindah menjadi pejabat fungsional.

Dari hitungan penyederhanaan ada 185 pejabat diusulkan dari administrator ke fungsional. Sementara itu, 34 diantaranya masih kosong.

Untuk mengisi kekurangan tersebut Pemerintah Kabupaten Hulu Selatan juga sempat menggelar Ekspose Penyederhanaan Birokrasi yang dilaksanakan oleh Bagian Organisasi Setda belum lama tadi.

Baca juga: Bupati HSS Beri Arahan kepada Pejabat Administrator tentang Perubahan Nomenklatur

Baca juga: Bupati HSS H Achmad Fikry Lantik 53 Pejabat Administrator dan Fungsional

Penyederhanaan birokrasi ini berdasarkan arahan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Penyederhanaan birokrasi berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negaran Reformasi Birokrasi Nomor 28 Tahun 2019, tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi Ke Dalam Jabatan Fungsional.

Bupati Hulu Sungai Selatan, Achmad Fikry mengatakan terkait alih jabatan tersebut, ia memastikan tidak ada pihak yang dirugikan. Termasuk pihak yang pindah dari pejabat administrator ke pejebat fungsional.

Dijelaskannya, selama berstatus ASN, semua haknya akan dipenuhi termasuk naik pangkat setiap dua tahun sesuai kinerja dan poin angka kredit kerja.

Bahkan bebernya, beralih ke jabatan fungsional akan lebih baik. Pasalnya, ASN akan bekerja sesuai keahliannya.”Kerja akan lebih professional. Bahkan usia pensiun pada usia 60 tahun. Berbeda jika administrator akan pensiun lebih awal yakni 58 tahun.

Ia menjelaskan, perpindahan ini berdasarkan amanat pemerintah pusat. Jabatan administrasi akan beralih ke jabatan fungsional, amanah langsung dari Pemerintah Pusat yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo.

”Sebagai Pemerintah Daerah, kami hanya menjalankan saja,” katanya.

Baca juga: Bupati H Sukamta Lantik 104 ASN sebagai Pejabat Administrator dan Pengawas di Pemkab Tala

Menurutnya, semua OPD harus benar-benar siap untuk penyerdahanaan birokrasi pemerintah daerah. Pelaksanaannya mulai dilaksanakan pada tahun 2021 dengan membahas bersama dan penyampaian para pejabat pengawas lingkup Pemkab HSS.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Setdakab HSS, Aulia Sofi Azmi menambahkan, penyederhanaan birokrasi di Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan yaitu pejabat pengawas dinas atau badan, dan pejabat pengawas sekretariat daerah pada bagian umum. (banjarmasinpost.co.id/eka pertiwi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved