Breaking News:

BTalk

BTalk, Masjid Ramah Anak Menurut Sekretaris Umum DMI Banjarmasin Agus Salim

Dalam BTalk Banjarmasin Post, Sekretaris Umum DMI Kota Banjarmasin Agus Salim mengajak kaum masjid untuk mendidik adab di masjid kepada anak-anak.

Penulis: Syaiful Anwar | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/AYA SUGIANTO
Sekretaris Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Banjarmasin, Dr Agus Salim SAg, MP, dalam acara BTalk Banjarmasin Post Bicara Apa Saja membahas masjid ramah anak, dipandu Jurnalis Banjarmasin Post Group, Hari Widodo, Kamis (3/6/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Masjid Ramah Anak sekarang sedang digaungkan. 

Munculnya ide ini, menyusul viralnya salah satu pengurus masjid yang marah-marah terhadap anak-anak yang bermain di tempat ibadah.

Akibatnya, anak-anak pun secara psikologis takut ke masjid dan ini berdampak di masa mendatang.

Menurut Dr Agus Salim SAg, MP, Sekretaris Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Banjarmasin, dalam acara BTalk Banjarmasin Post Bicara Apa Saja yang dipandu Jurnalis Banjarmasin Post Group, Hari Widodo, Kamis (3/6/2021), dunia anak adalah dunia bermain.

"Sehingga, kegembiraan mereka adalah saat bermain dimanapun mereka berada termasuk saat mereka berada di masjid. Saat berada di masjid itulah mereka seringkali dianggap pembuat gaduh dan mengganggu kekhusyukan bagi jemaah yang sedang menjalankan ibadah salat," ujarnya.

Baca juga: Jelang PSU Pilgub Kalsel 2020, Spanduk Bernuansa Politik di Banjarmasin Selatan Ditertibkan

Baca juga: Keberangkatan Haji 2021 Dibatalkan, Calon Jamaah Kalsel Diminta Pahami Pertimbangan Keselamatan

Bahkan, lanjut Agus, ada kejadian di suatu masjid sempat viral di medsos dimana pengurus masjid atau jamaah masjidnya secara terang-terangan melarang anak untuk ikut salat berjamaah di masjid.

"Hal tersebut tanpa disadari telah menempatkan masjid sebagai tempat yang tidak nyaman lagi bagi anak-anak,  dengan alasan takut akan selalu dimarahi dan mendapat celaan dari jamaah yang merasa terganggu," ucapnya.

Akhirnya, lanjut dia, anak-anak itu akan semakin asyik tergiring dengan zaman now-nya, yaitu bermain HP, tontonan TV, konser musik, game online, bermain dengan teman maya-nya di sosmed dan akan semakin menjauhkan mereka dari pergaulan sosial yang nyata. 

Menurutnya, teladan dari perilaku Rasulullah SAW dalam menjadikan masjid ramah anak atau children friendly dapat dilihat dalam hadis Nasa’i dan Hakim, yaitu pada saat Rasulullah SAW  mengimami salat dan meletakkan cucunya di sampingnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved