Breaking News:

Berita Banjamasin

Jelang PSU Pilgub Kalsel 2020, Spanduk Bernuansa Politik di Banjarmasin Selatan Ditertibkan

Sejak beberapa waktu lalu berbagai spanduk maupun stiker bernuansa politik bermunculan di Kecamatan Banjarmasin Selatan, yang tidak lain menjadi sal

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
Salah satu spanduk berbau politik menjelang PSU Pilgub Kalsel 2020 di Kecamatan Banjarmasin Selatan ditertibkan oleh petugas. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejak beberapa waktu lalu berbagai spanduk maupun stiker bernuansa politik bermunculan di Kecamatan Banjarmasin Selatan, yang tidak lain menjadi salah satu wilayah Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel 2020.

Maraknya spanduk dan stiker bernuansa politik menjelang PSU Pilgub Kalsel 2020 ini pun sempat dikeluhkan oleh masyarakat.

Dan beberapa hari menjelang pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel 2020, spanduk maupun stiker yang ditempel di berbagai tempat pun mulai ditertibkan.

Penertiban sendiri dilakukan hari ini Kamis (3/6/2021) alias sekitar enam hari menjelang digelarnya PSU Pilgub Kalsel 2021 yakni pada Rabu (9/6/2021).

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel 2020, KPU Banjar Gelar Simulasi Serentak di Lima Kecamatan

Baca juga: Badan dan Pengawas Adhoc Jalani Rapid Test Antigen Jelang PSU Pilgub Kalsel 2020

Baca juga: Jelang PSU Pilgub Kalsel 2020, PPK dan PPS se Kecamatan Banjarmasin Selatan Ikuti Bimtek

Baca juga: Surat Suara PSU Pilgub Kalsel 2020 untuk Kecamatan Banjarmasin Selatan Mulai Dilipat

Adapun penertiban dilakukan oleh petugas gabungan yang terdiri atas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banjarmasin, TNI-Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Banjarmasin.

Spanduk yang ditertibkan tersebut di antaranya yang bertulisan "Ambil duitnya, jangan cucuk urangnya" dan lain sebagainya.

“Inikan tentu sangat kontraproduktif dan tidak memberikan pendidikan politik yang baik bagi masyarakat. Dan juga ada kesan sedikit provokatif bahkan meresahkan warga,” kata Ketua Bawaslu Banjarmasin, M Yasar.

Dibeberkan oleh Yasar penertiban sendiri dilakukan dengan membagi beberapa tim, yang akan melakukan penyisiran hingga tingkat kelurahan.

"Setiap kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan kita sisiri, dan tiap kelurahan dibagi menjadi tiga grup," jelasnya.

Spanduk yang berbunyi serupa juga ditemukan atau tersebar di semua kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Dan berdasarkan hasil penertiban tersebut, total ada lebih dari 100 buah yang berhasil diamankan oleh petugas gabungan.

"Untuk spanduk jumlahnya ada 87 buah, sedangkan stikernya 38 buah," katanya.

Sementara itu Penjabat Wali Kota Banjarmasin, Akhmad Fydayeen berharap pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel 2020 bisa berjalan lancar.

"Hari ini kita bersama TNI-Polri, Bawaslu dan SKPD terkait melakukan penertiban spanduk. Harapannya tentu saja PSU berjalan aman dan lancar, agar keamanan dan ketertiban juga lancar," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved