Breaking News:

Wabah Corona di Kalteng

Kalteng Cabut Kewajiban Suket Hasil PCR untuk Penumpang Pesawat

Penumpang pesawat ke Kalteng tak lagi diwajibkan memperlihatkan hasil PCR setelah Gubernur mencabut surat edaran

banjarmasinpost.co.id/fathurahman
Penumpang Pesawat dari luar yang ingin ke Kalteng, tidak lagi wajib pakai Surat Keterangan Sehat Covid-19 hasil pemeriksaan PCR Swab , ketika masuk ke bandara atau kapal laut di Kalteng 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST CO.ID, PALANGKARAYA - Kewajiban penggunaan surat keterangan sehat (Suket) Covid-19 hasil pemeriksaan Polymerase Chain reaction (PCR) bagi warga dari luar Kalimantan Tengah yang masuk lewat bandara dan pelabuhan laut di Kalteng, resmi dicabut.

Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) mengumumkan, ketentuan warga atau orang yang masuk Kalteng lewat pesawat udara dan kapal laut wajib menunjukkan hasil tes PCR tidak berlaku lagi.

Ini setelah adanya pencabutan surat edaran tersebut oleh Gubernur Kalteng.

Baca juga: Longboat Masih Jadi Pilihan Warga Katingan Kalteng Bepergian Lewat Sungai

Baca juga: Gelar Acara di Sungai Kapuas Kalteng, Disbudpar Angkat Kuliner Khas Dayak dan

Warga dari luar yang masuk Kalteng selama ini harus mengeluarkan uang hampir satu juta di luar tiket pesawat dan kapal laut, kini bisa menggunakan surat keterangan sehat Covid-19 hasil Rapid Tes Antigen saja.

Kepala Dinas Diskominfosantik Provinsi Kalimantan Tengah, Agus Siswadi, saat dikonfirmasi pengumuman Diskominfosantik Kalteng terkait pencabutan surat edaran Gubernur Kalteng, nomor 443.1/40/Satgas Covid-19 yang dikeluarkan sejak, tanggal 13 April 2021, lalu dibenarkannya.

Agus menjelaskan, surat edaran yang menegaskan ketentuan khusus perjalanan orang masuk Wilayah Kalteng dalam masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah dinyatakan dicabut dan saat ini tidak berlaku lagi.

Baca juga: Jadi Wakil III Galuh Banjarmasin, Shaila Siapkan Program Kearifan Lokal

Baca juga: Pasien Balita Fasyansus Covid-19 Tala Sembuh, ini Jumlah yang Masih Dirawat

"Sejak tanggal 2 Juni 2021 kemarin, ketentuan tersebut sudah tidak berlaku lagi," ujarnya.

Menanggapi keputusan pencabutan aturan tersebut, Nashir warga Kalteng yang ada di Surabaya mengaku senang akhirnya penumpang tidak diberatkan lagi.

"Alhamdulillah, aturan memberatkan itu, sudah dicabut.Kami sekeluarga untuk berkunjung orangtua di Kalteng, tidak harus menyiapkan uang banyak untuk periksa PCR. Walaupun selama ini teman menganjurkan, bila ke Kalteng, kami bisa lewat Bandara Syamsudinoor Banjarbaru, Kalsel kemudian lewat darat ke Kalteng lebih murah, karena cukup pakai antigen saja," ujarnya.

banjarmasinpost.co.id / faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved