Breaking News:

Kampusiana

Seleksi Sekolah Kedinasan Kemenkumham, 224 Peserta Kalsel Bersaing Jadi Taruna Poltekip dan Poltekim

Sebanyak 224 peserta Kalsel mengikuti seleksi Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) Kemenkumham 2021

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Hari Widodo
Kanwil Kemenkumham Kalsel untuk Bpost
Peserta seleksi calon taruna Poltekip dan Poltekim Kemenkumham RI menjalani tes SKD CAT di Kalsel, Kamis (3/6/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) kembali menggelar seleksi calon taruna dan taruni secara nasional di Tahun 2021.

Untuk wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) ada sebanyak 224 peserta yang bersaing untuk bisa menjadi calon taruna dan taruni Poltekip dan Poltekim. 

Tahapan ini di awali dengan tahapan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan metode CAT di Kantor Regional VIII Badan Kepegawaian Negara Banjarmasin di Banjarbaru, Rabu (2/6/2021) dan dibuka oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Tejo Harwanto. 

Tejo Kamis (3/6/2021) mengatakan, meski bagi sebagian orang Poltekip dan Poltekim sebagai sekolah kedinasan belum terlalu familiar, namun animo pendaftar konsisten terus meningkat dari tahun ke tahun terlebih di Tahun 2021. 

Baca juga: Kisi-kisi Materi Ujian Seleksi SKD Sekolah Kedinasan 2021 dan Bobot Nilainya, Hari Ini Dilaksanakan

Baca juga: TIPS Sukses SKD Sekolah Kedinasan 2021, Dilengkapi Daftar Materi yang Akan Diujikan

Sebagai informasi, Poltekip merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang membentuk kader-kader yang memiliki keahlian khusus di bidang pemasyarakatan. 

Sedangkan Poltekim menyelenggarakan pendidikan profesional kedinasan, terutama diarahkan pada penerapan keahlian dan ilmu pengetahuan di bidang keimigrasian. 

Terkini, kedua lembaga pendidikan kedinasan tersebut kini memiliki program strata pendidikan Diploma IV.

Tejo menegaskan, Kemenkumham RI melalui Kanwil Kemenkumham di daerah bersama Tim Panitia Seleksi memastikan bahwa seluruh tahapan dan proses seleksi mengedepankan konsep bersih dari seluruh bentuk pungutan liar dan transparansi.

Sejak awal, prinsip ini ditunjukkan contohnya pada seleksi SKD CAT dimana dimana hasil jawaban dari peserta bisa disaksikan langsung secara real time dari ruang monitor yang menunjukkan skor yang diperoleh peserta setelah mengerjakan tes. 

"Seleksi penerimaan calon Taruna-Taruni Poktekip dan Poltekim itu tidak dipungut biaya yang tentunya hasil yang didapat itu semua tergantung oleh usaha dari peserta sendiri dan atas izin dari Allah SWT, hal ini tentu tak lepas dari koordinasi bersama Kantor Regional VIII BKN Provinsi Kalimantan Selatan yang sudah banyak membantu kami dalam mewujudkan seleksi yang berkualitas dan tentunya berintegritas," kata Tejo. 

Tejo berharap putera-puteri terbaik Kalsel bisa lolos dan bersaing menjadi Taruna-Taruni Poltekip dan Poltekim mengikuti jejak seniornya. 

Baca juga: Daftar Formasi CPNS dan PPPK 2021 untuk Lulusan SMA/SMK, Ada Jalur Sekolah Kedinasan

Dimana ada 29 orang asli Kalsel yang merupakan Alumni Poltekim. 

Setelah tahap seleksi CAT, para peserta yang dinyatakan lulus nantinya akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya dan jika tidak mengalami perubahan, akan dilakukan tes kesehatan serta tes psikologi serta SKB Kesamaptaan. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved