Breaking News:

Berita Kalteng

Gubernur Kalteng Terima Delegasi Rumania Bahas Teknologi Modifikasi Cuaca Kawasan Food Estate

Menyukseskan program food estate di Kalteng, Gubernur Sugianto Sabras menerima delegasi Rumania membahas modifikasi cuaca

Penulis: Fathurahman
Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/fathurahman
Upaya memaksimalkan pengembangan pertanian kawasan food estate terus dilakukan oleh Pemprov Kalteng, salah satunya menjajaki kerjasama teknologi modifikasi cuaca untuk mendukung food estate. 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, terus menyukseskan program pengembangan lahan pertanian food estate di Kapuas dan Pulangpisau yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Bukan hanya perbaikan drainase maupun soal petani dan bibit yang dikembangkan, pengaturan curah hujan untuk musim hujan dan musim kering juga diupayakan agar mendukung lahan pertanian di kawasan food estate tersebut.

Gubernur Sugianto Sabran, menyampaikan salah satu caraa mendukung lahan pertanian food estate adalah bekerjasama dengan Negara Rumania.

Melalui delegasi negara tersebut, dia sebagai kepala wilayah membicarakan sejumlah komoditas yang dikembangkan di Bumi Tambun Bungai.

Baca juga: Pemprov Kalteng Minta Dukungan Pusat Perbaikan Infrastruktur Kawasan Food Estate

Baca juga: Rektor UPR Respons Positif Dilibatkan Tangani Program Ketahanan Pangan Food Estate Kalteng

“Kami bertemu, berkoordinasi dan diskusi, menggali peluang kerjasama, seperti pertanian dan lainnya, hingga akhirnya bermuara pada kegiatan ekspor maupun impor,” ujar Gubernur Sugianto usai bertemu dengan delegasi negara tersebut di Palangkaraya, Kamis (3/6/2021).

Gubernur dan Delegasi Rumania membahas rencana kerja sama terkait teknologi modifikasi cuaca untuk Kawasan Food Estate.

Ada berbagai program tersusun membangun Kalteng hingga Indonesia kedepannya untuk mensukseskan ketahanan pangan nasional.

Rencana kerjasama teknologi disampikan Sugianto, terutama modifikasi cuaca mendukung pengembangan food estate maupun antisipasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Baca juga: Penyerapan Dana APBN Kalsel Rendah, Sekdaprov Persilakan Mundur Pejabat yang Takut Usulkan Proyek

Baca juga: Terkesan Mubazir, Operasional Pasar di Kotim Kalteng yang Dibangun Miliaran Rupiah Tak Optimal

“Kita ada musim hujan, musim kemarau, ini bisa diatur dengan teknologi mereka," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Konfederasi Pekerja Rumania H.E. Tanasa Dumitru menyampaikan, pihaknya ingin mengembangkan hubungan ekonomi kerja sama antara Rumania dan Kalteng (Indonesia).

"Selama ini, hubungan politik kedua negara terjalin dengan baik. Kami mengusahakan agar semua bidang dapat berkembang,” ujarnya.

Selain Dumitru, delegasi lainnya yang hadir yakni para Tim Ahli Perusahaan IAA, diantaranya Doeu Dorian Popescu, Eduard Popescu dan Razvan Mihilescu yang juga mendampingi gubernur sejumlah kepala perangkat daerah, seperti Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kalteng Sunarti serta lainnya.

banjarmasinpost.co.id / faturahman

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved