Breaking News:

Berita Banjarmasin

Menunjang Permasalahan Lingkungan, Kwarcab Pramuka Banjarmasin Bentuk Saka Kalpataru

Kwarcab Gerakan Pramuka Banjarmasin membentuk Satuan Karya Pramuka (Saka) Kalpataru yang dimotori langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin, Mukhyar (kiri) bersama Ketua Kwarcab Pramuka Banjarmasin, Irwan Ansyari (kanan) usai melakukan pelantikan Saka Kalpataru. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kwarcab Gerakan Pramuka Banjarmasin membentuk Satuan Karya Pramuka (Saka) Kalpataru yang dimotori langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Jumat (4/6/2021) di Balai Kota Banjarmasin.

Ketua Kwarcab Pramuka Banjarmasin, Irwan Ansyari, Saka Kalpataru dibentuk untuk melengkapi kegiatan kepramukaan di bidang lingkungan hidup.

Dengan itu, kegiatan pramuka yang bertujuan sinergis membangun kota Banjarmasin semakin komplit karena bergerak sesuai bidang.

"Bila bidang kesehatan dinamai Saka Bakti Husada, kemudian bila kemiliteran Saka Wira Kartika. Nah kalau bidang lingkungan ini namanya Saka Kalpataru," katanya usai melantik Dewan Saka Kalpataru yang diketuai oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Mukhyar.

Baca juga: Bupati Kapuas Lantik Suwarno Muriyat Ketua Kwarcab Kapuas Gerakan Pramuka Masa Bakti 2020-2025

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Kwarcab Gerakan Pramuka HSU Bagikan Masker

Baca juga: Kwarcab Batola Kalsel Minta Peran Aktif Pramuka di Tengah Pandemi Covid-19

Sementara itu Mukhyar mengatakan, dibentuknya Saka Kalpataru ini diharapkan dapat membantu pemerintah di bidang lingkungan.

Bagi Mukhyar, Saka yang dibentuk atas kerjasama antara Kwarcab Banjarmasin dan Kementerian Lingkungan Hidup ini, kegiatannya menekankan pada isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati.

Dan tujuan akhir Saka Kalpataru adalah membentuk generasi muda yang ramah pada lingkungan hidup.

"Mudahan gerakan pramuka bidang lingkungan ini dapat juga dijadikan motivasi bagi generasi. Sehingga kelestarian lingkungan hidup terjaga dengan baik," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved