Breaking News:

Berita Banjarbaru

Benih Ikan Papuyu dan Ikan Patin Dilepasliarkan di Danau Seran Banjarbaru

Dalam rangka Bulan Mutu Karantina 2021 BKIPM Pusat dan 47 Unit Pelayanan Teknis (UPT) BKIPM di seluruh Indonesia menggelar berbagai kegiatan sejak Apr

Penulis: Khairil Rahim | Editor: Edi Nugroho
Humas Balai KIPM Banjarmasin
Kepala Balai KIPM Banjarmasin Sokhib, S.Pi, MP dan jajaran melepas sebanyak 50.000 ekor 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU- Dalam rangka Bulan Mutu Karantina 2021 BKIPM Pusat dan 47 Unit Pelayanan Teknis (UPT) BKIPM di seluruh Indonesia menggelar berbagai kegiatan sejak April sampai dengan Juni 2021.

Berbagai rangkaian pelaksanaan kegiatan telah dilaksanakan diawali dengan Indonesia Satu Ekspor, BKIPM Peduli Sosial yaitu penyediaan produk perikanan yang sehat dan bermutu oleh UPT KIPM melalui penyerahan bantuan kepada masyarakat kelautan dan perikanan.

Selanjutnya akan dilaksanakan BKIPM Peduli Lingkungan dan BKIPM Peduli Pelayanan Publik.

Baca juga: Penyanyi Kalsel Hadzir Rilis Dua Lagu, Satu Tempat Syuting di Danau Seran Banjarbaru

Baca juga: VIDEO Keindahan Danau Seran di Kota Banjarbaru, Sensasi di Pulau Asmara

Baca juga: Wisata Kalsel, Mata Pengunjung Dimanja dengan Keindahan Danau Seran Banjarbaru

Balai KIPM Banjarmasin peduli lingkungan akan melaksanakan kegiatan restocking benih ikan lokal hasil budidaya ke perairan umum di Danau Seran Kota Banjarbaru serta dilakukan juga kegiatan bersih lingkungan dan penanaman pohon buah untuk menghijaukan area dan mendatangkan manfaat bagi masyarakat sekitar, Sabtu (4/6/2021) pagi tadi.

Kegiatan restocking bibit ikan di Danau Seran Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru merupakan kegiatan untuk menjaga kelestarian ikan lokal khas kalimantan.

Sokhib, S.Pi, MP, Kepala Balai KIPM Banjarmasin mengatakan BKIPM KKP melalui Balai KIPM Banjarmasin pada momen tersebut bekerjasama dengan Balai Pengembangan Budidaya Air Tawar Mandiangin, Pemerintah Kota Banjarbaru, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru dan Stakeholder perikanan.

Restoking benih ikan lokal hasil budidaya itu sebanyak 50.000 ekor benih ikan papuyu/betok, 2.500 ekor Benih ikan patin, serta penanaman pohon buah sebanyak 100 pohon.

Jenis pohon buah yang ditanam merupakan jenis tanaman Endemik yang cocok ditanam pada area Danau Seran Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru. Adapun jenis buah yang ditanam adalah Rambutan, Nangkadak, Jambu Kristal, Sawo, Lemon, Sirsak Madu, serta Mente.

Melalui kegiatan ini diharapkan benih ikan Lokal yang diilepaskan dapat berkembangbiak dan lestari untuk menjadi warisan bagi anak cucu di negeri banua.

Sokhip juga menitip pesan agar benih ikan yang dilepasliarkan dan pohon buah yang ditanam di kawasan Danau Seran, Banjarbaru, Kalimantan Selatan selanjutnya dapat dipelihara dengan baik oleh masyarakat agar dapat tumbuh serta berkembang biak secara alami di alam demi kelestarian plasma nutfah di Kalimantan Selatan.
(Banjarmasinpost.co.id/khairil rahim).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved