Breaking News:

Berita Banjarmasin

Jelang PSU Pilgub Kalsel 2020, KPU Banjarmasin Lakukan Sosialisasi

Sosialisasi jelang pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel 2020 dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin, hari ini Sabtu

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Edi Nugroho
KPU Banjarmasin
Suasana sosialisasi jelang PSU Pilgub Kalsel 2020 oleh KPU Banjarmasin. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sosialisasi jelang pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel 2020 dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin, hari ini Sabtu (6/6/2021).

Kegiatan sosialisasi dilakukan di Aula Kecamatan Banjarmasin Selatan, yang menjadi salah satu wilayah PSU Pilgub Kalsel 2020 yang akan dilaksanakan Rabu (9/6/2021).

Sosialisasi dilakukan selama dua hari, dan di hari pertama ini diikuti oleh perwakilan masyarakat dari enam kelurahan yakni Tanjung Pagar, Kelayan Dalam, Kelayan Tengah, Pekauman, Basirih Selatan dan juga Kelayan Timur.

Unsur masyarakat yang hadir saat itu di antaranya perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, pemilih pemula hingga disabilitas.

Baca juga: Spanduk dan Baliho yang Diamankan di Wilayah PSU Pilgub Kalsel Boleh Diambil

Baca juga: 250 KTP Elektronik Pemilih PSU Pilgub Kalsel Rusak, Kantor Disdukcapil Tetap Buka di Hari Libur

Baca juga: Ribuan Surat Suara PSU Pilgub Kalsel 2020 Kecamatan Banjarmasin Selatan Rusak

Sedangkan sosialisasi untuk enam kelurahan lainnya dilaksanakan pada besok Minggu (10/6/2021).

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Banjarmasin, Taufiqurrakhman menerangkan ada beberapa point yang menjadi penekanan dalam kegiatan sosialisasi saat itu.

"Yang kita sosialisasikan tentunya mengenai tanggal pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel 2020, kemudian juga siapa yang berhak memilih serta tata cara pencoblosan surat suara," ujar Taufiq.

Selain melakukan sosialisasi dengan mengundang perwakilan masyarakat secara langsung, Taufiq menerangkan sosialisasi juga dilakukan dengan cara lainnya.

Misalnya dengan cara mencetak spanduk di setiap kelurahan yang menjadi wilayah PSU Pilgub Kalsel 2020.

"Setial kelurahan kita cetak lima spanduk, kemudian juga ditambah spanduk dari KPU Kalsel. Selanjutnya juga di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) kita bagikan 30 poster," katanya.

Taufiq menambahkan melakukan sosialisasi melalui pengeras suara di tempat ibadah seperti masjid dan mushala pun menjadi salah satu pilihan yang muncul.

"Ada aspirasi dari peserta agar sosialisasi juga dilakukan dari tempat ibadah, untuk mengingatkan masyarakat di lingkungannya agar menggunakan hak pilihnya seperti saat PSU Pilwali Banjarmasin kemarin. Dan tentu kita sangat mengapresiasi aspirasi-aspirasi yang muncul seperti ini," jelasnya.

Taufiq pun berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi, maka nantinya akan meningkatkan jumlah partisipasi pemilih khususnya di Kecamatan Banjarmasin Selatan.

"Partisipasi pemilih di Kecamatan Banjarmasin Selatan ini saat Pilkada 9 Desember 2020 lalu hanya 57,3 persen. Semoga saat PSU nanti meningkat lebih dari 60 persen," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved