Breaking News:

Berita Kapuas

Satpol PP Kapuas Gelar Patroli Rutin, Disiplinkan Penerapan Protokol Kesehatan

Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Kapuas mengintensifkan kegiatan patroli.

Satpol PP Kapuas
Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas saat patroli di wilayah Kota Kualakapuas 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Kapuas mengintensifkan kegiatan patroli.

Dengan tujuan untuk meminimalisasi kasus penyakit masyarakat, bencana kebakaran dan pendisiplinan penerapan protokol kesehatan

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas Syahripin mengatakan kegiatan patroli ini dilakukan setiap hari.

Dasarnya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 tahun 201

Baca juga: Satpol PP dan Satlantas Polres Tapin Tertibkan Pedagang Kaki Lima di Simpang Empat Rantau Baru

Baca juga: Pedagang Sering Diperingatkan Satpol PP Kabupaten HSU Agar Tak Gunakan Tepi Jalan

Baca juga: Satpol PP dan Damkar Kapuas Pasang Spanduk Imbauan di Sejumlah Titik

Baca juga: Lima ASN Satpol PP dan Damkar Kapuas Ikuti Uji Kompetensi Jabatan Fungsional

1 tentang penyelenggaraan ketentraman ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.

"Lalu Peraturan Bupati (Pebup) Kapuas Nomor 46 Tahun 2020, tentang disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Desease 2019 (Covid-19)," katanya, Sabtu (5/6/2021)

Kegiatan patroli dilakukan di wilayah Kuala Kapuas, menyasar beberapa tempat yang rawan timbulnya tindakan kriminal yang dapat mengganggu ketentraman dan ketertiban umum.

"Serta tempat berkumpul masyarakat yang berpotensi terjadinya penyebaran Virus Corona, dan tentunya kami akan lebih mengintensifkan patroli ini," tegasnya.

Diungkapkannya selain melakukan patroli rutin, pihaknya juga melakukan pengawasan terhadap fasilitas pemerintah dan aset daerah, fasilitas umum pasar, terminal, taman dan lapangan yang ada di Kuala Kapuas.

Lebih lanjut, Syahripin menerangkan apabila dalam pelaksanaan patroli ditemukan tindakan yang terindikasi melanggar ketertiban masyarakat dan ketertiban umum serta pelangaran protokol kesehatan akan dilakukan teguran, pembinaan serta dibuatkan BAP (Berita Acara Perkara) dan disidik oleh PPNS Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas.

"Namun, kami tetap mengedepankan pendekatan humanis serta memberi edukasi ke masyarakat. Lalu, apabila dari temuan terindikasi ada unsur pidananya, kami akan berkoordinasikan dengan pihak kepolisian untuk disidik lebih lanjut," bebernya.
(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved