Breaking News:

Bumi Selidah

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021, Bupati Gelar Peringatan di Desa Wisata Muara Kanoko

Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di Kabupaten Batola tahun 2021 dilaksanakan di Desa Wisata Muara Kanoko (Taman Buah Lokal) Kecamatan Anjir

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/muhammad tabri
Bupati Batola Hj Noormiliyani saat penanaman buah lokal di Desa Wisata Muara Kanoko, Minggu (6/6/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di Kabupaten Barito Kuala (Batola) tahun 2021 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Selain dilaksanakan di Desa Wisata Muara Kanoko (Taman Buah Lokal) Kecamatan Anjir Muara acaranya juga berisi berbagai rangkaian menarik.

Sebelum mencapai lokasi, Bupati Batola Hj Noormiliyani AS beserta anggota forkopimda, Sekda H Zulkipli Yadi Noor dan isteri Hj Herwina Rezeki, Ketua TP-PKK Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor, Kadis LH Hj Fahriana dan para Pimpinan SKPD lainnya didampingi Camat Anjir Muara Jaya Hidayatullah beserta camat lainnya, dan sejumlah undangan berkumpul di dermaga kawasan Jembatan Barito menuju Pasar Ikan Terapung di Muara Sungai Anjir Muara dengan menumpang transportasi air klotok dan speedboat. 

Beberapa saat setelah berada di lokasi itu, rombongan melanjutkan perjalanan menuju tempat acara Desa Wisata Muara Kanoko. Namun sebelum dilangsungkan acara rombongan menyempatkan meninjau Pasar Ikan Terapung di Desa Wisata Muara Kanoko.

Di lokasi itu bupati dan rombongan disuguhi pemandangan unik dan menarik. Puluhan pedagang aneka jenis ikan lokal dengan menggunakan jukung (perahu) berkumpul mengitari dermaga.

Aneka jenis ikan yang mereka jual seperti sepat, papuyu (betok), haruan (gabus), pipih (belida), seluang, sanggang, patin, lais, baung, bakut, dan lainnya. Selain ikan segala jenis udang juga mereka jual. 

Bupati Batola Hj Noormiliyani saat merasakan sensasi berbelanja ikan segar di Pasar terapung ikan Muara Kanoko, minggu (6/6/2021).
Bupati Batola Hj Noormiliyani saat merasakan sensasi berbelanja ikan segar di Pasar terapung ikan Muara Kanoko, minggu (6/6/2021). (banjarmasinpost.co.id/muhammad tabri)

Tak sedikit rombongan yang tertarik membeli ikan-ikan yang dijual nelayan. Sementara Bupati Hj Noormiliyani AS membeli dua jenis yang tergolong unik yakni ikan bakut dan ikan pipih. 

Selesai berbelanja, bupati dan rombongan selanjutnya menuju tempat acara untuk menggelar upacara peringatan. Di acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang berlangsung di Desa Wisata Muara Kanoko ini selain berisi acara seremonial juga dirangkai pengukuhan sejumlah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Pokdarwis yang dikukuhkan di antaranya Pokdarwis Muara Kanoko Lestari Desa Anjir Serapat Muara 1, Pokdarwis Taman Mangrove Rambai Lestari Desa Anjir Serapat Muara, Pokdarwis Pesona Batola Setara Desa Marabahan Baru Kecamatan Anjir Muara. 

Acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini juga dirangkai secara simbolis bibit mangrove rambai dan bibit pohon kasturi kepada perwakilan PPL dan FKH yang dilanjutkan penanaman bibit kasturi di Taman Buah Lokal oleh Bupati Hj Noormiliyani, anggota forkopimda, Sekda H Zulkipli Yadi Noor, Wakil Ketua DPRD Agung Purnomo, dan undangan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved