Breaking News:

Berita Tanahlaut

Jalan Tembus Tala-Banjar Dirintis, DPRD Tegaskan Dukungan dan Siap Support

Rencana pembukaan jalan tembus Tala-Banjar pertengahan Juni 2021 hingga pertengahan Juli melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke-111

Penulis: Idda Royani | Editor: Eka Dinayanti
SUHAEMI UNTUK BPOST GROUP
Personel Kodim 1009/Pelaihari survei ke jalur tembus Riampinang-Kiram beberapa hari lalu. 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Dua kabupaten bertetangga, Kabupaten Tanahlaut (Tala) dan Banjar bakal kian dekat dalam hal jarak tempuh.

Ini menyusul rencana pembukaan jalan yang menghubungkan antara kedua daerah sepanjang sekitar 7,2 kilometer di wilayah Kecamatan Bajuin (Tala) dan Kecamatan Karangintan (Banjar).

Pembukaan badan jalan itu direncanakan dimulai pertengahan Juni 2021 hingga pertengahan Juli mendatang melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111.

Wakil rakyat Tala mendukung penuh program besar itu.

Baca juga: Kebakaran Kalsel, PMI Tanahlaut Salurkan Perlengkapan Dapur ke Warga Terkena Musibah

Baca juga: Tahan Kapal Agar Tak Terdampar, Warga Aluhaluh Banjar Alami Nasib Naas di Perairan Tala

Pasalnya, keberadaan jalan itu dipastikan sangat bermanfaat karena selain mempermudah dan memperpendek jarak ke Banjar, juga bakal menumbuhkan ekonomi masyarakat.

"Mudahan cepat terlaksana lancar sehingga dekat kalau mau ke Martapura khususnya ke Kiram. Di sana kan ada taman terkenal jadi nanti bisa usaha jualan ke sana," ucap Mugni, warga Pelaihari, Minggu (6/6/2021).

Ketua DPRD Tala Muslimin menegaskan pihaknya siap memberi support terhadap pembukaan jalan tembus Tala-Banjar dari Dusun Riampinang Desa Tanjung ke Desa Kiram Kecamatan Karangintan itu.

"Kami tentu sangat mendukung. Termasuk mendukung rencana Pemkab Tala yang nantinya akan mengusulkan agar jalan tembus itu menjadi jalan provinsi," ucapnya.

Baca juga: Remaja di Bawah Umur di Palangkaraya Mabuk Lakukan Kekerasan hingga Tusuk Ibu Hamil

Baca juga: Kecelakaan Kalteng, Jenazah Mengenaskan Tergeletak di Jalan Arah Palangkaraya - Banjarmasin

Ia sependapat dengan Bupati Tala HM Sukamta peningkatan jalan tersebut kelak akan lebih efektif dan cepat jika ditangani pemerintah provinsi.

Apalagi keberadaan jalan tersebut memang berada di dua wilayah kabupaten (Tala dan Banjar) sehingga memang selayaknya berstatus jalan provinsi.

Muslimin juga meyakini pembukaan jalam tembus tersebut bakal menumbuhkan ekonomi masyarakat.

Pasalnya lalu lintas Tala-Banjar tersebut melintasi jalur baru sehingga menjadi peluang usaha tersendiri bagi warga.

Apalagi ketika kelak jalan itu menjadi alternatif lalu lintas barang dan jasa dari Pelaihari ke Martapura, Banjarbaru hingga arah ke Banua dan sebaliknya.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved