Breaking News:

APKESMI Kalsel

Pelantikan DPW APKESMI Kalsel, Pj Gubernur: Puskesmas Adalah Garda Terdepan Saat Pandemi

j Gubernur Kalimantan Selatan, Dr. Safrizal ZA lewat Kadinkes Provinsi Kalsel, Dr. H.M.Muslim mengatakan Puskesmas Adalah Garda Terdepan Saat Pandemi

Penulis: Noor Masrida | Editor: Hari Widodo
Dr Emma Ariesnawati untuk Bpost
Kadinkes Kalsel Dr HM Muslim yang mewakili Pj Gubernur Kalsel usai pelantikan Dewan Pengurus Wilayah APKESMI (Akselerasi Puskesmas Indonesia) Kalsel di hotel Rattan Inn pada Sabtu (5/6/2021) . 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) APKESMI atau Akselerasi Puskesmas Indonesia Kalimantan Selatan resmi dilantik pada Sabtu (5/6/2021) di hotel Rattan Inn. 

Tak hanya melantik para pengurus, acara ini juga dibarengi dengan pelaksanaan seminar tentang Strategi Percepatan BULD di Puskesmas. 

Pj Gubernur Kalimantan Selatan, Dr. Safrizal ZA lewat Kadinkes Provinsi Kalsel, Dr. H.M.Muslim pada kesempatan itu menyampaikan apresiasinya kepada tenaga kesehatan yang menjadi bagian dari DPW APKESMI Kalsel atas dedikasinya terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. 

"Saat ini sektor kesehatan mengalami tantangan yang cukup besar, terutama sejak ditetapkannya status pandemi covid-19 secara global. tenaga kesehatan menjadi peran yang sangat krusial dalam upaya penanganan pasien-pasien yang terinfeksi covid-19," ujar Muslim. 

Dalam hal ini, tentunya puskesmas menjadi tempat yang langsung bersinggungan dengan masyarakat di garda terdepan dalam sektor kesehatan. 

"Untuk itu, dengan adanya Dewan Pengurus Wilayah Akselerasi Puskesmas Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan ini, saya harapkan dapat terus mengoptimalkan peran puskesmas sebagai tempat terdekat bagi masyarakat untuk menerima pelayanan kesehatan, terutama di masa pandemi ini," lanjutnya. 

Ditambahkan Muslim, pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tentunya, akan terus mendukung upaya percepatan layanan kesehatan melalui puskesmas sebagai unsur penting dalam pembangunan sumber daya manusia. 

Terakhir, dia berpesan kepada seluruh pengurus DPW APKESMI untuk terus menggali potensi diri dan memberikan inovasi terbaik untuk majunya layanan kesehatan di puskesmas yang ada di Kalimantan Selatan. 

Sementara itu, Sekjen DPP APKESMI, Kusnadi, SKM dan sambutannya mengatakan, APKESMI hadir dan bekerja sama dengan berbagai pihak yang terlebih dahulu sudah dibentuk. 

"Tidak ada saling sikut dengan asosiasi yang telah terbentuk sebelumnya, seperti ADINKES ataupun ARSADA, justru kita harus saling support dan bantu," ucap Kusnadi. 

Dijelaskannya, Puskesmas adalah institusi yang dibentuk melingkupi per wilayah, dan berdiri di bawah naungan dua kebijakan.

Kadinkes Kalsel Dr HM Muslim yang mewakili Pj Gubernur foto bersama usai Pelantikan Dewan Pengurus Wilayah APKESMI Kalsel.
Kadinkes Kalsel Dr HM Muslim yang mewakili Pj Gubernur foto bersama usai Pelantikan Dewan Pengurus Wilayah APKESMI Kalsel. (Dr Emma Ariesnawati untuk Bpost)

Yang pertama Puskesmas berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan, tapi sebagai pelaksana unit dari daerah, maka puskesmas juga berdiri di bawah Kemendagri.

"Hal ini lah yang terkadang membuat struktur agak sedikit berbeda, dari bawah Permenkes dan Perda," jelas Kusnadi. 

"Sehingga ini juga menjadi salah satu tugas utama APKESMI, untuk melakukan advokasi dengan kemendagri terkait kebijakan-kebijakan baru yang nanti akan disahkan," sambungnya. (banjarmasinpost.co.id/noor masrida)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved