Breaking News:

Berita Balangan

Petani di Halong Kabupaten Balangan Harapkan UPH Jagung Bisa Bantu Perluas Pemasaran

Unit Pengelolaan Hasil (UPH) di Desa Padang Raya Kecamatan Halong Kabupaten Balangan bisa hasilkan produk olahan jagung dan membantu memasarkannya.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Ketua Kelompok Tani Tunas Harapan, Samani, memperlihatkan bangunan UPH Jagung Padang Raya, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (6/6/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Keberadaan Unit Pengelolaan Hasil (UPH) Jagung di Desa Padang Raya, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan menjadi angin segar bagi petani jagung.

Sebabnya, UPH Jagung ini dinilai bermanfaat dalam hal meningkatkan hasil jagung pakan yang ditanam oleh para petani. 

Sebagaimana yang diutarakan Ketua Kelompok Tani Tunas Harapan Desa Padang Raya, Samani, Minggu (6/6/2021), UPH Jagung dapat membantu para petani untuk meningkatkan ekonomi dari segi pekerjaan dan juga hasil olahan. 

Saat ini, UPH Jagung masih dalam tahap pembangunan. Prosesnya sudah mencapai 80 persen . Sejumlah alat untuk mengisi bangunan tersebut telah disiapkan.

Bangunan UPJ Jagung dibuat semi permanen dengan memperhatikan ketahanan bangunan dan fungsa. Anggarannya berkisar Rp 50 juta yang didirikan di atas lahan hibah.

Baca juga: Sulap Pemandian Jadi Objek Wisata, Taman Bambu Air di Desa Hauwai Diminati Pengunjung

Baca juga: Ulangan Sekolah Tingkat Dasar Bakal Berlangsung, Metode Daring dan Luring Diterapkan Masa Pandemi

Walau masih tahap pembangunan, bagi Samani, keberadaan UPH Jagung akan menjadi sarana peningkatan penghasilan ekonomi bagi para petani jagung.

Tempat itu secara tidak langsung akan mampu menjadikan hasil tani jagung, pakan pun bisa dipasarkan pada sejumlah kalangan.

"Walau masih tahap pembangunan, keberadaan UPH Jagung ini ke depannya begitu menjanjikan. Terutama untuk meningkatkan ekonomi para petani dan pemasaran," ucap Samani kepada Banjarmasinpost.co.id.

Pada UPH Jagung akan menyediakan alat pemecah jagung yang membuat jagung pakan bisa dikonsumsi ternak. Lantas, pasar jagung yang sudah diolah ini pun secara otomatis akan meluas. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved