Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu Temukan Ratusan Pemilih di Kabupaten Banjar Tak Memenuhi Syarat

Bawaslu Kabupaten Banjar menemukan ratusan data pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) untuk memilih. 

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Jelang penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang Pilkada Kalsel 2020 pada 9 Juni ini, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banjar menemukan data pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) untuk memilih. 

Jumlahnya lumayan, ada sebanyak 762 orang yang  diketahui sudah meninggal dunia, namun identitasnya masih tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2020.

Anggota Bawaslu Kabupaten Banjar, Hairul Falah mengaku sudah menyampaikan temuan itu kepada jajarannya Panwaslu Kecamatan untuk bersama PPK mengecek kebenaran data tersebut.

"Bawaslu Kabupaten Banjar sudah meminta Panwaslu Kecamatan bersama PPK mengawal pemilih yang tidak memenuhi syarat atau TMS tersebut untuk dicek kebenarannya," katanya. 

Baca juga: Spanduk dan Baliho yang Diamankan di Wilayah PSU Pilgub Kalsel Boleh Diambil

Baca juga: 250 KTP Elektronik Pemilih PSU Pilgub Kalsel Rusak, Kantor Disdukcapil Tetap Buka di Hari Libur

Menurut Hairul Falah, pemilih yang TMS itu sangat mudah dilacak karena tersebut di TPS di wilayah kecamatan.

Kecamatan Martapura terdapat  220 orang yang meninggal dunia, Kecamatan Mataraman terdapat 105 orang meninggal dunia, Kecamatan Astambul terdapat 205 orang meninggal dunia.

Kemudian, di Kecamatan Aluhaluh terdapat 202 orang meninggal dunia dan Kecamatan Sambung Makmur terdapat 30 orang meninggal dunia. 

Hairul Falah mengimbau peran serta partisipasi pengawas dari masyarakat di lingkungan TPS agar turut mencermati pemilih yang ternyata sudah meninggal dunia.

Selain itu, pemilih yang terdaftar di DPT saat memilih harus membawa KTP dan surat undangan memilih di PSU untuk diperlihatkan kepada KPPS.

"Jajaran kami sudah mengingatkan pemilih agar saat menuju TPS membawa KTP dan surat undangan memilih," katanya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved