Breaking News:

Berita Banjarmasin

Ikuti Program Pemagangan, 250 Pencari kerja Kalsel Ini Dapat Pelatihan Sebelum Bekerja

Sebanyak 250 pencari kerja di Kalimantan Selatan, mengikuti program pemagangan berbasis pengguna dan mendapatkan pelatihan sebelum bekerja

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/muhammad rahmadi
Perwakilan peserta program pemagangan (kanan), saat menerima pakaian pelatihan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalsel, Kalsel, Senin (7/6/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebanyak 250 pencari kerja di Kalimantan Selatan, mengikuti program pemagangan berbasis pengguna.

Mereka terdiri dari warga Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tabalong.

Para pencari kerja itu berkesempatan mengikuti pelatihan, di satu perusahaan selama satu bulan. Baru kemudian melaksanakan magang selama empat bulan.

"Kegiatan pemagangan berbasis pengguna sangat potensial sekali, karena di gemari oleh para pencari kerja. Mereka sudah dari awal kami persiapkan sesuai dengan keinginan perusahaan," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Provinsi Kalsel, Siswansyah. Senin (7/6/2021).

Baca juga: Launcing Aplikasi Apindo Banjarbaru, Yogi Sebut Bisa Digunakan Pencari Kerja

Baca juga: Setahun, Disnakerind Tala Cetak 500 Pencari Kerja Terampil

Diharapkan usai mengikuti program pemagangan tersebut, para peserta dapat memperoleh ilmu dan dapat bekerja di perusahaan.

Sekalipun tidak memiliki minat bekerja di perusahaan, peserta diharapkan dapat memanfaatkan ilmu yang meraka peroleh untuk menjadi wirausahawan.

"Tapi lebih bagus bekerja dulu di perusahaan, bila sudah mahir, maka tidak masalah jadi wirausawan," ujarnya.

Tidak hanya mendapatkan pelatihan, sejumlah pencari kerja itu juga mendapatkan perlindungan kerja berupa jaminan sosial ketenagakerjaan.

Dijelaskan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Banjarmasin, Tito Hartono, perlindungan tersebut bakal didapatkan oleh para pencari kerja selama lima bulan.

Baca juga: Setahun, Disnakerind Tala Cetak 500 Pencari Kerja Terampil

"Jadi dana untuk mebayar iuran tersebut berasal dari Disnakertrans Kalsel. Berlakunya hanya selama lima bulan," jelasnya.

Program pemagangan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Provinsi Kalsel, Siswansyah. Acara terpusat di Royal Jelita Hotel, secara online dan offline. (banjarmasinpost.co.id/muhammad rahmadi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved