Breaking News:

Sport

Persiapan Popnas & Popda 2023, FPTI Kalsel Gelar Kejurprov Panjat Tebing Kelompok Umur

Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kalimantan Selatan, bakal menggelar kejuaraan panjat tingkat provinsi.

Penulis: Amirul Yusuf
Editor: Hari Widodo
FPTI Kalsel untuk BPost
Ketua FPTI Kalsel, Rosehan NB saat mengunjungi tempat latihan panjat dinding di GOR Hasanuddin Banjarmasin.    

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kalimantan Selatan, bakal menggelar kejuaraan panjat tingkat provinsi.

Saat ini, FPTI Kalsel tengah mempersiapkan kejuaraan tingkat provinsi (Kejurprov) Panjat Tebing Kelompok Umur dan Eksebisi Popda Kalsel 2021 yang rencananya digelar akhir Agustus.

Ketua FPTI Kalsel, Rosehan NB kepada Bpost Online menjelaskan, kejuaraan panjat tebing ini sebagai salah satu upaya pihaknya memajukan dunia panjat khususnya di Kalsel.

"Ini salah satu upaya jangka panjang untuk memajukan dunia panjat di Kalsel, maka dari itu kita gelar kelompok umur," katanya Senin (7/6/2021).

Baca juga: Veddriq Leonardo, Atlet Panjat Tebing Indonesia yang Bikin Rekor Dunia Kelas Speed di Amerika

Baca juga: Anggaran di Dispora Terbatas, Cabor Panjat Tebing Siapkan Rencana agar Tetap Berlaga di PON XX Papua

Baca juga: BTalk Banjarmasinpost Membahas Olahraga Panjat Tebing Bersama Ketua Harian FPTI Kalsel

Kejurprov Panjat kelompok umur ini menjadi perlombaan pertama yang digelar kepengurusan FPTI Kalsel periode ini, setelah terbentuk di awal tahun 2021 lalu.

Rosehan pun berharap dukungan dari berbagai kalangan agar menyukseskan Kejurprov Panjat Tebing Kelompok Umur dan Eksebisi Popda Kalsel 2021 ini.

"Kami terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, khususnya Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kalsel serta KONI. Faktor kesehatan juga kami terus matangkan agar bisa terlaksana sesuai protokol kesehatan," pungkasnya.

Bicara teknis, Sekretaris FPTI Kalsel Rudi menjelaskan, Kejurprov Panjat Tebing Kelompok Umur dan Eksebisi Popda Kalsel 2021 direncanakan digelar dalam enam kategori.

Yakni, kelas lead perorangan putra putri, Boulder putra putri, Speed claasic perorangan putra dan putri, speed WR putra dan putri, serta Combined putra dan putri.

"Karena kelompok umur, peserta akan terbatas pada atlet kelahiran 2002 sampai 2010 saja dari FPTI seluruh kabupaten/kota di Kalsel," kata dia.

Baca juga: FPTI Kalsel Berangkatkan Enam Atlet Panjat Tebing Junior Ikuti Seleksi Nasional di Jakarta

Pada Popda 2021, panjat tebing sendiri tak masuk dalam salah satu cabang olahraga yang diperlombakan.

Namun, kata Rudi, kegiatan ini mejadi salah satu upaya persiapan menghadapi Popnas 2023 dimana panjat tebing masuk dalam salah satu cabor yang diperlombakan.

(Banjarmasinpost.co.id/Amirul Yusuf) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved