Breaking News:

Berita Kotabaru

Proyek Mangkrak di Kabupaten Kotabaru Mulai Dikerjakan Agustus 2021

Proyek RS Stagen dan perkantoran pemkab yang baru akan dilanjutkan Agustus 2021 oleh PT Sebuku Coal Group sebagai kompensasi penambangan batu bara.

Penulis: Herliansyah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/HELRIANSYAH
Calon perkantoran Pemkab Kotabaru yang baru di Desa Megasari atau Sebelimbingan, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Pembangunan rumah sakit di Stagen dan perkantoran baru di Sebelimbingan, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, mulai dikerjakan Agustus 2021.

Hal itu ditegaskan Sekda Kotabaru H Said Akhmad Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru, H Said Akhmad,  kepada banjarmasinpost.co.id, Minggu (7/6/2021), terkait proyek tersebut yang cukup lama mangkrak.

Kepastian penyelesaian bangunan RS Stagen dan calon Kantor Pemkab Kotabaru yang baru, dijadwalkan tuntas pembangunannya pada 2022 setelah pembicaraan kongkret dengan pihak ketiga atau perusahaan.

Untuk penyelesaian kedua proyek, lanjut Said Akhmad, dikerjakan PT Sebuku Coal Group sebagai kompensasi kegiatan Penambangan batu bara di Pulaulaut.

Masih menurut Said Akhmad, dana kompensansi lebih kurang Rp 630 miliar lebih.

Baca juga: Tangkap Kapal Cantrang Beroprasi di Laut Kotabaru Kalsel, Petugas Amankan 100 Nelayan Jateng

Baca juga: VIDEO Polres Kotabaru Bongkar Penipuan Berkedok Sumbangan, Pelaku Raup Puluhan Juta Rupiah

Selain digunakan untuk penyelesaian rumah sakit baru dan perkantoran baru.

Sebagian lagi, sambungnya, dipakai perbaikan infrastruktur jalan di wilayah Kabupaten Kotabaru.

Walau demikian, lanjut Said Akhmad, Pemkab Kotabaru tidak mengambil berupa uang terkait dana kompensasi. Pemerintah kabupaten hanya menerima berupa aset. 

"Jadi, Pemerintah Kabupaten Kotabaru tidak mengambil uang, tapi sudah berupa aset diserahkan dan jadi aset daerah," ucapnya.

Namun sebelumnya, pihak perusahaan berkoordinasi dengan Pemkab Kotabaru, terkait apa saja yang akan dikerjakan dan pemerintah daerah membuatkan perencanaan.

RS Stagen di Kabupaen Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan.
RS Stagen di Kabupaen Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan. (BANJARMASINPOST.CO.ID/HELRIANSYAH)

Ditargetkan, kompensasi berlangsung selama lima tahun, sesuai kesepakatan yang sudah dibuat. Besaran per tahun minimal Rp 100 miliar. "Setahunnya Rp 100 miliar," pungkas dia.

(Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved