Breaking News:

PSU Pilgub Kalsel

Amankan PSU Pilgub Kalsel di Binuang, Polres Tapin Dibantu 3 Polres Tetangga

Petugas Polres Tapin amankan PSU Pilgub Kalsel di Kecamatan Binuang pada Rabu (9/6/2021) dibantu Polres HSU, Polres Balangan dan Polres HST.

BANJARMASINPOST.CO.ID/STANISLAUS SENE
Kepala Polres Tapin, AKBP Pipit Subiyanto, dan Dandim 1010/Rantau, Letkol Andi Sinrang, saat menerima kunjungan Ketua KPU RI, Ilham Saputra, Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA, yang memantau persiapan PSU Pilgub Kalsel di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, Selasa (8/06/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Sehari sebelum pelaksanaan pemungutan suara ulang pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan ( PSU Pilgub Kalsel ), Polres Tapin tingkatkan pengamanan.

Mereka mengerahkan sejumlah personelanya di wilayah yang diadakan PSU Pilgub Kalsel besok, Rabu (9/6/2021),  sesuai amanat Mahkamah Konstitusi, yakni di Kecamatan Binuang.

Hal ini disampaikan Kapolres Tapin AKBP Pipit Subiyanto, Selasa (8/6/2021), saat ditemui Banjarmasinpost.co.id, dalam pemeriksaannya di Desa Pualam Sari.

Menurutnya, secara teknis dan teknik sudah ada persiapan pengamanan proses pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel besok.

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, Ketua KPU RI dan PJ Gubernur Kalsel Cek Kesiapan di Kecamatan Binuang

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, Calon Wakil Gubernur Muhidin Akan Coblos di TPS Bunyamin

"Untuk pengamanan , Polres menyiapkan 228 personel polri, 48 personel Linmas, 60 personel TNI dan 30 personel Satpol PP," ungkapnya.

Disebutkannya, dari 228 personel tersebut, dapat dukungan dari tiga polres tetangga, yakni Polres HSU (Hulu Sungai Utara), Polres Balangan dan Polres HST (Hulu Sungai Tengah).

"Untuk penempatan akan dilaksanakan di masing-masing TPS dan beberapa titik lokasi yang memang dari pantauan memerlukan pengamanan tambahan," jelasnya.

Sedangkan posko umum, sebagain besar petugas ditempatkan di Wisma Atlet di Kecamatan Binuang.

Baca juga: Wakil Bupati Tapin Syafrudin Noor Ajak Masyarakat Sukseskan PSU Pilgub Kalsel

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, Petugas PPS dan KPPS di Tapin Sudah Divaksin

"Patroli pengamanan sudah dilaksanakan sejak kemarin dan 24 jam. Selain patroli, kami juga melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar menyukseskan pelaksanaan PSU ini," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Tapin, Thessa Aji Budiono, mengatakan, pengawas di tiap TPS dibantu dari pihaknya dan juga dari Panwascam 

"Nanti, ada dari jajaran Bawaslu Tapin dan Panwascam Binuang yang mendampingi pengawasan di tiap TPS,"  imbuhnya.

Ketua KPU RI, Ilham Saputra, Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA, didampingi  Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor, Kapolres dan Dandim, memantau persiapan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di wilayah Kecamatan Binuang, Selasa (8/06/2021).
Ketua KPU RI, Ilham Saputra, Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA, didampingi Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor, Kapolres dan Dandim, memantau persiapan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di wilayah Kecamatan Binuang, Selasa (8/06/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/STANISLAUS SENE)

Selain itu, Bawaslu juga menyiapkan jajarannya untuk pengawasan secara mobile. "Intinya, kami ada pengawasan berlapis," jelasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus Sene)

Penulis: Stanislaus Sene
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved