Breaking News:

Berita Balangan

Belasan Tahun Numpang Ngantor di Balai Adat, Tahun Ini Desa Hauwai Rencananya Miliki Kantor Desa

Tak punya kantor sendiri, belasan tahun aparat desa Hauwai kecamatan Halong ngantor di balai adat

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Kepala Desa Hauwai, HST, Darmawi berbindang dengan Babnsa Koramil Halong. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Belasan tahun sudah, Aparat Desa Hauwai, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalsel gunakan balai desa atau balai adat sebagai kantor desa.

Segala urusan administrasi pemerintahan serta kegiatan dan kantor bagi aparat desa berada di tempat tersebut.

Balai desa yang dimiliki warga Desa Hauwai dimanfaatkan sedemikian rupa sebagai tempat pelayanan bagi masyarakat. Pasalnya, desa ini belum memiliki kantor desa yang dibangunkan oleh pemerintah daerah. 

Bahkan sebelumnya oleh Pemkab Balangan melalui Dinas PUPR Kabupaten Balangan bekerjasama dengan Dinas PMD Kabupaten Balangan, kantor desa akan dibangun pada tahun 2020 akhir. Namun rupanya belum juga dianggarkan.

Baca juga: Empat Desa di Balangan Belum Miliki Kantor Desa,  Kades Ngantor di Balai Adat

Baca juga: Api Tiba-tiba Berkobar di Seberang Kantor Desa Kapar HST, Warga Panik Selamatkan Barang

Baca juga: Tim Kejari Kotabaru Geledah dan Segel Ruang Kantor Desa Tegalrejo Kotabaru Kecamatan Kelumpang Hilir

Tahun ini, disampaikan oleh Kepala Desa Hauwai, Darmawi, telah ada angin segar untuk rencana pembangunan kantor desa tersebut. Bahkan lahan sudah disiapkan yakni di samping balai adat.

"Sudah ada pembicaraan untuk pembangunan di tahun ini. Lahan juga sudah kami siapkan. Dalam tempo dekat kami sudah memiliki kantor desa sendiri sebagai aset desa," ucap Darmawi, Selasa (8/7/2021).

Proyek pengerjaan pembangunan ucap Darmawi masih belum dilangsungkan. Namun ia berharap keberadaan kantor desa nantinya akan menjadi tempat pelayanan sekaligus tempat kerja yang maksimal bagi aparat desa dan warga. 

Baca juga: Dinas PUPR Balangan Rencanakan Pembangunan Kantor Desa Pada APBD Perubahan

Lebih lanjut, jelas Darmawi, pihaknya pun sudah menyiapkan sejumlah keperluan yang dibutuhkan untuk pembangunan terutama lahan yang berada di samping lokasi balai desa. 

Sebagaimana diketahui, selain Desa Hauwai, ada beberapa desa lainnya yang juga belum memiliki kantor desa pribadi. Daftar desa tersebut yakni Desa Puyun di Kecamatan Halong, Desa Jambu Merah Kecamatan Paringin Selatan dan Desa Lampihong Selatan di Kecamatan Lampihong. (Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved