Breaking News:

PSU Pilgub Kalsel

Besok PSU Pilgub Kalsel, Pemko Banjarmasin Berikan Dispensasi Libur untuk ASN

Pemko Banjarmasin memberikan dispensasi libur bagi ASN yang tinggal di wilayah pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
PLH Sekdako Banjarmasin, Mukhyar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Setelah mendapat restu dari Kementerian Dalam Negeri, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) akhirnya menetapkan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel (Pilgub) Kalsel 2020, besok Rabu (9/6/2021) sebagai hari libur.

Surat Edaran perihal libur ini pun telah diterbitkan oleh Penjabat Gubernur Kalsel yakni Safrizal ZA dan ditujukan kepada Bupati maupun Wali Kota yang menjadi wilayah pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel 2020 yakni Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin dan Kota Banjarmasin.

Ada dua point penting yang disampaikan dalam Surat Edaran dengan nomor 200/241/POL/KESBANGPOL Tahun 2021 tentang Hari Libur dan Dispensasi Masuk Kerja Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang Pilgub Kalsel 2020 Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi RI tersebut.

Point pertama disebutkan bahwa ASN yang berdomisili di wilayah PSU Pilgub Kalsel 2020 agar diberikan dispensasi/tidak masuk kerja dalam menggunakan hak pilihnya dengan tetap menjunjung tinggi netralitas birokrasi.

Baca juga: Libur Saat PSU Pilgub Kalsel, SMPN 20 Banjarmasin Sudah Beri Pengumuman ke Siswa

Baca juga: 250 KTP Elektronik Pemilih PSU Pilgub Kalsel Rusak, Kantor Disdukcapil Tetap Buka di Hari Libur

Baca juga: Jelang PSU Pilgub Kalsel 2020, Pemko Banjarmasin Menunggu Kepastian Libur

Tidak hanya untuk ASN, libur pun juga diberikan kepada mereka yang berstatus sebagai karyawan biasa hingga buruh di kawasan PSU Pilgub Kalsel 2020.

Pasalnya disebutkan pada point kedua bahwa karyawan/pekerja/buruh yang berdomisili di wilayah yang melaksanakan PSU Pilgub Kalsel 2020 agar diberikan dispensasi/tidak masuk kerja untuk menggunakan hak pilihnya.

Terkait hal ini pula, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin pun memastikan akan menjalankan instruksi dari Pj Gubernur Kalsel tersebut.

Dispensasi hingga libur untuk ASN dan masyarakat umum ini, akan diberikan kepada mereka yang khususnya berdomisili di wilayah PSU Pilgub Kalsel 2020 yakni Kecamatan Banjarmasin Selatan.

"Iya, kita akan menjalankan instruksi dari Penjabat Gubernur Kalsel terkait dengan libur. Tapi ini dikhususkan di wilayah PSU Pilgub Kalsel 2020saja, dan di tempat kita adalah Kecamatan Banjarmasin Selatan," ujar PLH Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Banjarmasin, Mukhyar kepada banjarmasinpost.co.id.

Ditambahkan Mukhyar, Pemko Banjarmasin pun akan menindaklanjuti Surat Edaran dari Penjabat Gubernur Kalsel dengan menerbitkan Surat Edaran juga.

"Mudah-mudahan secepatnya bisa diterbitkan, dan rencananya malam ini juga akan ditandatangai oleh Penjabat Wali Kota Banjarmasin," katanya.

Baca juga: Logistik Sudah Didistribusikan, KPU Banjarmasin Siap Gelar PSU Pilgub Kalsel

Dengan ditetapkannya status libur di wilayah PSU tersebut, Mukhyar pun berharap partisipasi pemilih di PSU Pilgub Kalsel 2020 khususnya di Kecamatan Banjarmasin Selatan meningkat.

"Karena sudah ada dispensasi ini, kami berharap partisipasi pemilih di Kecamatan Banjarmasin Selatan juga meningkat nantinya," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved