Breaking News:

Berita Kalteng

Menurut Pengusaha Ini, Saatnya Kabupaten Kotim Wujudkan Industri Hilir Kelapa Sawit

Pengamat pembangunan yang juga pengusaha di Kabupaten Kotim harapkan Bupati untuk bangun industri hilir berbasi kelapa sawit yang melimpah komoditinya

Penulis: Fathurahman
Editor: Alpri Widianjono
banjarmasinpost.co.id/fathurahman
Pelabuhan Crude Palm Oil (CPO) atau minyak kelapa sawit di Desa Bagendang Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMPIT - Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, selama ini dikenal sebagai kabupaten yang cukup banyak menghasilkan crude palm oil (CPO).

Karena, banyak perkebunan besar swasta (PBS) Kelapa Sawit yang menanamkan investasi di Bumi Habaring Hurung ini.

Namun sejak awal berkembang investasi perkebunan Kelapa Sawit sejak 2003 hingga saat ini, Kabupaten Kotim hanya bisa mengekspor CPO saja.

Sedangkan untuk industri hilirnya belum ada. Terutama, pabrik pengolahan barang jadi untuk CPO.

Seorang pemerhati pembangunan daerah setempat, Muhammad Gumarang, Senin (7/6/2021) mengharapkan, Bupati Kotim H Halikinnor bisa mewujudkan rencana bupati sebelumnya yang ingin membangun industri hilir Kelapa Sawit agar bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga: Terkesan Mubazir, Operasional Pasar di Kotim Kalteng yang Dibangun Miliaran Rupiah Tak Optimal

Baca juga: VIDEO Kedatangan Penumpang Kapal Laut dari Pulau Jawa Melonjak di Pelabuhan Sampit

Pengusaha ini mengungkapkan, jika Kabupaten Kotim sudah ada kawasan industri hilir, akan banyak warga yang bisa direkrut untuk dipekerjakan.

"Akan banyak manfaat bagi warga Kabupaten Kotim, ketersediaan lapangan kerja, setelah banyak dibangun industri hilir kelapa sawit, serta keuntungan lainnya untuk ke depan," ujarnya. 

Kemudian, Gumarang menyoroti, sejak masa Bupati Wahyudi K Anwar memimpin Kabupaten Kotim,  sudah dicanangkan industri hilir berbasis Kelapa Sawit. Karena, Kelapa Sawit penyumbang terbesar PDRB.

"Kabupaten Kotim penyumbang terbesar PDRB di Kalteng, yaitu ,17 persen. Dan PBS di Kabupaten Kotim memiliki luasan lahan sekitar 425.000 hektare," rincinya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved