Breaking News:

PSU Pilgub Kalsel

PSU Pilgub Kalsel, Aparat Desa Pematang Danau Ini Khawatirkan Warga Tak Bisa Coblos

PSU Pilgub Kalsel, sejumlah warga Desa Pematang Danau Kabupaten Banjar terancam tak bisa mencoblos karena hanya punya undangan tapi tak punya KTP.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MUKHTAR WAHID
Ru'iyah, Kaur Keuangan Pemerintah Desa Pandak Daun, Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar, mendampingi warga untuk dapatkan KTP elektronik di Mal Pelayanan Publik Barokah, Kota Martapura, Kalimantan Selatan, Selasa (8/6/2021). Hal ini untuk keperluan bisa ikut coblos pada PSU Pilgub Kalsel. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pemilih di Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), ada yang terancam tak bisa memberi suara pada PSU Pilgub Kalsel besok, Rabu (9/6/2021).

Penyebabnya, tidak memiliki KTP kendati namanya terdata di daftar pemilih tetap (DPT) Pilgub Kalsel 2020.

Ru,iyah adalah Kepala Urusan Keuangan Pemerintah Desa Pematang Danau, Kecamatan Mataraman, yang khawatir.

Menurutnya, banyak warga di Desa Pematang Danau yang tak dapat memilih gegara tak punya KTP.

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, Mal Pelayanan Publik Barokah Banjar Batasi Perekaman KTP Sehari Hanya 250 Keping 

Baca juga: Personel Polres HSS Bantu Pengamanan PSU Pilgub Kalsel di Kabupaten Banjar

Sepengetahuannya, pemilih PSU Pilgub Kalse membawa undangan memilih dan memperlihatkan KTP kepada KPPS.

"Kami tiba sejak pukul 07.00 Wita di Mal Pelayanan Publik Barokah Martapura, Kabupaten Banjar. Ternyata, berkas warga kami dinyatakan tidak lengkap," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Selasa (8/6/2021).

Berkas warga Desa Pematang Daun dikembalikan staf pelayanan Mal Pelayanan Publik Barokah Martapura karena tidak dilengkapi Kartu Keluarga, hanya surat keterangan dari Panitia Pemilihan Suara (PPS).

Selaku fasilitator Desa Pematang Danau, Ru'iyah mengaku mendampingi 40 warga yang manula dan kalangan milineal untuk memohon perekaman KTP elektronik.

Baca juga: VIDEO Jelang PSU Pilgub Kalsel, Warga Kabupaten Banjar Antre Berjam-jam untuk Dapat KTP

"Kalau banyak warga yang belum dapat KTP, bagaimana mencoblos karena surat undangan memilih dibawa bersama KTP untuk diperlihatkan," katanya.

Kecamatan Mataraman adalah bagian wilayah Kabupaten Banjar yang melaksanakan PSU Pilgub Kalsel, sesuai putusan Mahkamah Konstitusi RI, totalnya 502 TPS. 

Kecamatan lainnya di wilayah Kabupaten Banjar yang diadakan PSU Pilgub Kalsel adalah Kecamatan Sambung Makmur, Kecamatan Aluhaluh, Kecamatan Astambul dan Kecamatan Martapura.

Pemohon KTP membeludak di Gedung Mal Pelayanan Publik Barokah di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (7/6/2021).
Pemohon KTP membeludak di Gedung Mal Pelayanan Publik Barokah di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (7/6/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/MUKHTAR WAHID)

Rinciannya, ada 62 TPS se Kecamatan Mataraman, kemudian di Kecamatan Sambung Makmur 27 TPS, Kecamatan Aluhaluh 63 TPS, Kecamatan Astambul 85 TPS dan paling banyak Kecamatan Martapura, 265 TPS.

Sedangkan jumlah pemilih yang terdata di DPT Pilgub Kalsel di lima kecamatan itu, totalnya 152.577 orang pemilih, sesuai hasil pencermatan KPU Kabupaten Banjar.

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved