Breaking News:

PSU Pilgub Kalsel

PSU Pilgub Kalsel, KPU Tapin Jelaskan Temuan Warga Meninggal Masuk DPT

PSU Pilgub Kalsel, KPU Tapin sortir 54 orang telah meninggal dan 1 nama telah menjadi anggota Polri masuk DPT. Temuan diberitahu ke Bawaslu dan KPPS

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/STANISLAUS SENE
Jelang pemungutan suara ulang pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan (PSU Pilgub Kalsel), surat suara lebih dan rusak dibakar di depan Kantor KPU Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Selasa (8/6/2021) 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Jajaran KPU Kabupaten Tapin siap melaksanakan pemungutan suara ulang pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan ( PSU Pilgub Kalsel ) di Kecamatan Binuang.

Besok, Rabu (9/6/2021), PSU Pilgub Kalsel digelar di beberapa kecamatan, sesuai perintah hasil sidang di Mahkamah Konstitusi (MK) RI.

Wilayah tersebut adalah Kecamatan Banjarmasin Selatan di Kota Banjarmasin, kemudian 5 kecamatan di wilayah Kabupaten Banjar, serta di Kabupaten Tapin hanya di Kecamatan Binuang.

Untuk di Kecamatan Binuang, terdata 55 warga yang meninggal dan satu prajurit TNI masuk dalam daftar pemilih.

Baca juga: Amankan PSU Pilgub Kalsel di Binuang, Polres Tapin Dibantu 3 Polres Tetangga

Baca juga: VIDEO PSU Pilgub Kalsel, Ketua KPU RI dan PJ Gubernur Cek Kesiapan di Kecamatan Binuang

"Kemarin dan hari ini, masih terdapat warga yang meninggal dan satu personel TNI yang masuk dalam daftar DPT. Untuk eksekusinya, pada saat di TPS nanti," ungkap Ketua KPU Kabupaten Tapin Henny Hendriyanti.

Ditegaskan, mereka yang namanya masih tercatat dalam DPT itu akan disortir oleh petugas KPPS saat proses pencoblosan.

"Kalau yang 55 hasil dari pencermatan tadi dan ditambah satu yang TNI, semua sudah kami tandai dari kabupaten, sehingga tugas KPPS lebih mudah," jelasnya.

Ia mengatakan hal ini memang sudah disampaikan KPU Kabupaten Tapin kepada Bawaslu Tapin dan pihak paslon yang bertarung di Pilgub Kalsel 2020.

Baca juga: Wakil Bupati Tapin Syafrudin Noor Ajak Masyarakat Sukseskan PSU Pilgub Kalsel

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, KPU Tapin Musnahkan Surat Suara  Rusak dan Lebih

"Sampai H-1 ini, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di 24 TPS di Kecamatan Binuang itu ada 6.398 orang pemilih.

Untuk surat suara yang rusak dan lebih, ditekankannya, sudah dimusnahkan dengan cara dibakar di depan Kantor KPU Tapin saat Selasa pagi. 

"Sudah dihitung oleh Bawaslu Tapin sebanyak 145 surat suara yang rusak dan ada lebih tiga lembar surat suara, sehingga total surat suara yang kita musnahkan ada 148 lembar," ujarnya. 

Wakil Bupati Tapin, H Syafrudin Noor, mengajak semua pihak mendukung dan menyukseskan Pemungutan Suara Ulang pemilihan gubernur Kalimantan Selatan (PSU Pilgub Kalsel) di Kecamatan Binuang, Sabtu (22/5/2021).
Wakil Bupati Tapin, H Syafrudin Noor, mengajak semua pihak mendukung dan menyukseskan Pemungutan Suara Ulang pemilihan gubernur Kalimantan Selatan (PSU Pilgub Kalsel) di Kecamatan Binuang, Sabtu (22/5/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/STANISLAUS SENE)

Ketua KPU Tapin, Henny, berharap penyelenggaraan PSU Pilgub Kalsel di Kecamatan Binuang ini dapat berjalan lancar dan damai.

(Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus Sene)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved