Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Tas Kulit Unik Motif Alam Menawan Hati, Produk UMKM Kabupaten HST

Pelaku UMKM asal Kabupaten HST memproduksi tas kulit hewan dengan motif dedaunan alam dipasarkan di kawasan hulu sungai hingga Banjarmasin.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Pelaku UMKM asal Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Dian Risnawati, memperlihatkan hasil produksi tas berbahan kulit hewan dengan ecoprint leather, Selasa (8/6/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Unik dan tidak ada duanya. Itulah produk yang dihasilkan pelaku UMKM satu ini. Bentuknya berupa tas kulit hewan dengan motif dedaunan alami (ecoprint leather)

Produk yang masih langka di Kalimantan Selatan tersebut hasil karya Dian Risnawati, Pelaku UMKM asal Kabuapten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan.

Produksinya adalah ecoprint leather, demikian nama kreasi tas fashion yang ia olah dalam setahun terakhir.

"Bahannya kulit sapi, kambing, domba yang dihiasi motif dedaunan dan rerumputan," ujar Dian yang selama ini bekerja sendiri, kepada Banjarmasinpost.co.id, Selasa (8/6/2021).

Bahan baku kulit hewan ia datangkan dari Pulau Jawa. Sedangkan dedaunan, antara lain daun jati dan juga kersen,  serta rerumputan, adalah hasil tanaman sendiri.

Baca juga: Kalselpedia, Nasi Kabuli Sebagai Kuliner Khas Banjarbaru

Baca juga: Alumni DAcademy Endah Berharap Ratna Bawa Piala Lida ke Kalsel

Proses produksi ia awali dengan menempel dedaunan dan rerumputan di atas permukaan kulit hewan. Selanjutnya, diberi pewarna alami dari pepohonan. Barulah kemudian digulung.

Kulit yang sudah bermotif, dijadikan bahan pembuatan tas wanita. Setiap tas, meski modelnya bisa saja sama , namun motif akan berbeda satu sama lain. 

"Itulah yang menjadi keunikan. Limited edition, tak ada yang sama motifnya. Jadi saat dipakai akan beda dari yang lain," terang Dian, dipamerkan di ajang pameran UMKM 2021 di Novotel Banjarbaru

Selama ini, Dian memasarkan produknya media sosial yaitu Facebook dan Instagram.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved