Breaking News:

PSU Pilgub Kalsel

Warga Antre Cetak E-KTP Jelang PSU Pilgub Kalsel, Ini Kata KPU Banjarmasin

Ratusan warga antre hendak mencetak KTP Elektronik di Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan sebagai syarat untuk bisa ikut memilih di PSU Pilgub Kalsel

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Polisi dan petugas lainnya mengatur warga yang antre untuk dapat giliran mencetak E-KTP di Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan, Jalan Tembus Mantuil, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (8/6/2021). Hal ini terjadi jelang PSU Pilgub Kalsel. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID,  BANJARMASIN - Jelang PSU Pilgub Kalsel. Tidak hanya di Kota Martapura Kabupaten Banjar yang terjadi antrean warga ingin mencetak KTP Elektronik, Kota Banjarmasin juga.

Seperti di depan Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, ratusan warga memadati halaman setempat, Selasa (8/6/2021).

Mereka beramai-ramai mengantre karena ingin mencetak KTP Elektronik (E-KTP), syarat bagi untuk menggunakan hak pilih dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU Pilgub Kalsel) yang digelar Rabu (9/6/2021).

Diketahui, untuk di Kota Banjarmasin, PSU Pilgub Kalsel hanya digelar di wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Baca juga: VIDEO Jelang PSU Pilgub Kalsel, Warga Kabupaten Banjar Antre Berjam-jam untuk Dapat KTP

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, KPU Pastikan Tak Ada Penambahan DPT

Selain di Kecamatan Banjarmasin Selatan, PSU Pilgub Kalsel juga digelar di 5 kecamatan di wilayah Kabupaten Banjar serta di Kabupaten Tapin hanya di Kecamatan Binuang. Semua ini sebagaimana perintah Mahkamah Konstitusi.

Ketua KPU Banjarmasin, Rahmiati Wahdah, menerangkan, memang warga yang mengantre tersebut ingin mencetak E-KTP dan bukanlah membuat E-KTP.

Untuk itulah, lanjutnya warga yang datang atau yang mengantre. Kebanyakannya adalah yang juga sudah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) alias yang memiliki hak suara di PSU Pilgub Kalsel 2020.

"Karena E-KTP milik warga mungkin ada yang hilang, rusak dan sebagainya, lalu mereka minta dicetak ulang. Sedangkan syarat untuk mencoblos besok, selain harus membawa undangan juga harus memperlihatkan E-KTP," jelasnya.

Baca juga: Antrean Warga Mencetak E-KTP Mewarnai H-1 PSU Pilgub Kalsel 2020

Baca juga: BREAKING NEWS: Warga Ngluruk ke Kecamatan Banjarmasin Selatan, H-1 PSU Pilgub Kalsel 2020

Dijelaskan juga oleh Rahmiati, terkait banyaknya warga yang mencetak E-KTP diketahui sejak dilakukannnya sosialisasi.

"Kemudian kami koordinasi dengan Disdukcapil Banjarmasin, akhirnya dilakukan layanan di Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan," tutupnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved