Breaking News:

PSU Pilgub Kalsel 2020

Hasil PSU Pilgub Kalsel 2020, Penghitungan Surat Suara Sempat Tertunda, Denny Menang di TPS Ini

Penghitungan Surat Suara Sempat Tertunda Hasil PSU Pilgub Kalsel 2020, Penghitungan Surat Suara Sempat Tertunda, Denny Menang di TPS Ini

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Suasana penghitungan surat suara PSU Pilgub Kalsel 2020 di TPS 02 Kelurahan Pemurus Dalam, Rabu (9/6/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Hasil PSU Pilgub Kalsel 2020 di di TPS 02 Kelurahan Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan agak lambat diketahui.

Ini disebabkan Karena, Perhitungan surat suara Pilgub Kalsel 2020 di TPS ini sempat tertunda. Namun, Hasil Pilgub Kalsel 2020 setelah perhitungan digelar Denny Indrayana ternyata menang telak.

Sama seperti TPS lainnya yang menggelar PSU Pilgub Kalsel 2020, proses pemungutan suara di TPS 02 ini mulai dilakukan dari pagi hingga siang.

Setelah memasuki waktu yang sudah ditentukan, KPPS di TPS 02 pun kemudian berencana melakukan penghitungan surat suara.

Baca juga: Dua TPS di Binuang Tapin Terlambat Memulai Pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel 2020

Baca juga: VIDEO PSU Pilgub Kalsel 2020, Satpolair Polresta Banjarmasin Pantau TPS di Pesisir

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel 2020, H Muhidin Nyoblos di TPS 06, H2D Justru Unggul Perolehan Suara

Namun ketika kotak suara dibuka selanjutnya dihitung, ternyata jumlahnya hanya sebanyak 234 sedangkan daftar pemilih yang datang sebanyak 235 atau selisih satu surat suara.

Beberapa kali dilakukan perhitungan, namun jumlah surat suara yang ada di dalam kotak suara tersebut memang berjumlah 234.

Selisih satu surat suara ini pun membuat proses penghitungan perolehan suara dari masing-masing pasangan calon (paslon) pun harus tertunda.

Setelah lebih dari setengah jam tertunda dan atas kesepakatan bersama para saksi, pengawas TPS hingga tokoh masyarakat akhirnya perhitungan surat suara pun dilakukan.

"Memang yang terdaftar memilih 235, tapi setelah kami bolak balik menghitung surat suara di dalam kotak suara, jumlahnya hanya 234," ujar Ketua TPS 02, A Tukiman.

Dijelaskan juga oleh A Tukiman, setelah berkoordinasi dengan KPU serta atas kesepakatan bersama, disepakati surat suara yang dihitung sesuai dengan surat suara yang ada di dalam kotak suara.

"Sesuai petunjuk dari KPU, dan kesepakatan bersama yang dihitung hanya yang ada di dalam kotak suara yakni berjumlah 234," jelasnya.

Baca juga: VIDEO Antrean PSU Pilgub Kalsel di Banjarmasin Selatan

Berdasarkan hasil penghitungan surat suara di TPS 02, pasangan calon (paslon) nomor urut 01 yakni H Sahbirin Noor-H Muhidin (BirinMu) memperoleh 79, sedangkan paslon H Deny Indrayana-Difriadi Drajat (H2D) sebanyak 150, dan surat suara tidak sah sebanyak lima suara.

Untuk jumlah pemilih sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 02 ini sendiri berjumlah 329.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved