Breaking News:

PSU Pilgub Kalsel 2020

Pantau Pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel 2020, Kapolda Kalsel: Kamtibmas Kondusif

Memastikan keamanan selama PSU Pilgub Kalsel kondusif, Kapolda Kalsel, Pj Gubernur Kalsel, dan Komisioner KPU RI melaksanakan pemantauan ke TPS

banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto (tengah) bersama Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA (kiri) dan Komisioner KPU RI memantau pelaksanaan PSU di salah satu TPS di Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasi 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Aspek keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tetap menjadi atensi utama Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) termasuk saat dilaksanakannya pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Kalsel, Rabu (9/6/2021).

Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto bersama Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA dan Komisioner KPU RI sempat melaksanakan pemantauan langsung pelaksanaan pemungutan suara di sejumlah TPS saat pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel.

Satu di antaranya yaitu di TPS 07 Kelurahan Pemurus Dalam, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, Rabu (9/6/2021).

Dalam kesempatan ini Kapolda Kalsel menyatakan situasi Kamtibmas selama pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel secara umum kondusif dan tak didapati gangguan keamanan yang berpotensi menghambat pelaksanaan PSU.

Baca juga: Uniknya TPS 20 di Kelurahan Murung Raya Banjarmasin, PSU Pilgub Kalsel 2020 Rasa Hajatan Perkawinan

Baca juga: Satu-satunya Calon yang Memiliki Hak Suara di PSU Pilgub Kalsel 2020, ini Kata H Muhidin

"Sampai saat ini tidak ada gejolak apapun dalam kaitan tindak pidana. Ada hal-hal yang sudah terjadi tapi dari pihak Bawaslu dan Gakkumdu sudah menyelesaikannya langsung. Sehingga dipastikan persoalan sebelumnya selesai," kata Kapolda.

Namun terkait persoalan pidana lain di luar ranah pidana Pemilu kata dia terus berproses sesuai aturan yang berlaku.

Ia menegaskan, dalam rangkaian tahapan sejak Mahkamah Konstitusi (MK) membacakan putusannya hingga tibanya pelaksaan PSU di sebagian wilayah Kalsel Tanggal 9 Juni, forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kalsel terus kompak untuk dapat menjaga kondusifitas Kamtibmas.

Seminggu belakangan dan utamanya dua hari terakhir hingga pelaksanaan PSU, personel Polri dibantu TNI kata dia melaksanakan patroli intensif ke seluruh wilayah utamanya di wilayah yang melaksanakan PSU.

Baca juga: Jadi Calo CPNS Kuras Uang Korban Puluhan Juta, Oknum ASN Pemprov Kalteng Ditangkap

"Seminggu terutama dua hari terakhir ini, kami perintahkan anggota kami Polri dibantu TNI 24 jam full patroli masuk ke jalan utama, jalan tengah, jalan tikus masuk semua. Juga melakukan dialogis dengan masyarakat supaya pelaksanaan (PSU) hari ini terselenggara dengan baik," kata Kapolda.

Adanya perhatian dari seluruh stakeholder termasuk dari KPU dan Bawaslu RI serta pemantau terhadap pelaksanaan PSU di Kalsel adalah hal positif.

"Dukungan masyarakat Banua juga tentu menjadi hal utama agar PSU ini bisa terselenggara dengan baik," bebernya.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved