Breaking News:

PT PLN Persero UPK Asam Asam

Persahabatan Erat di Konservasi Bekantan PLTU Asam-Asam

Manajemen PLTU Asam-asam di Jorong, Kabupaten Tala, Kalsel, menerapkan kebijakan konservasi bekantan untuk menjaganya dari ancaman kepunahan.

PT PLN (PERSERO) UPK ASAM-ASAM
Bekantan di area konservasi yang disediakan PLTU Asam-asam, Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI – Sejak 2016, PLN UPK Asam-asam telah mengelola lingkup kecil semesta berupa Konservasi Bekantan.

Ini merupakan langkah kecil yang pelan-pelan berbuah manis bagi PLTU Asam-asam yang berada di Desa Asri Mulia, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalimantan Selatan. 

Karena diketahui bahwa keberadaan dari populasi primata "unik" yang satu ini sudah ada sejak penyusunan Rona Awal PLTU Asam-asam pada tahun 1992.

Konservasi Bekantan PLTU Asam-asam menjadi percontohan bagi instansi lain dalam hal pengelolaan dan pengayaan lingkungan sekitar, baik yang berbasis industri, pertambangan, pertanian dan lain sebagainya.

Hal ini dapat terlihat dari maraknya upaya para instansi lain ketika mereka juga serta merta berinovasi untuk melakukan hal serupa ataupun.

Sekelompok bekantan di antara pepohonan lebat di area konservasi yang disediakan PLTU Asam-asam, Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.
Sekelompok bekantan di antara pepohonan lebat di area konservasi yang disediakan PLTU Asam-asam, Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. (PT PLN (PERSERO) UPK ASAM-ASAM)

Serta merta pula, berkontribusi dan bekerja sama dengan PLTU Asam-asam untuk pengembangan dan pengelolaan lingkungan sekitar.

Karena itu, PLTU Asam-asam tentu saja sangat bangga dan bahagia serta membuka pintu selebar-lebarnya untuk menyambut ajakan kontribusi tersebut.

Menurut Muhammad Nurrul Kahfi selaku Plt Pejabat Pelaksana Urusan Lingkungan UPK Asam-asam, bahwa dari data pantauan di lapangan, dalam setiap 6 bulannya terjadi penambahan kuantitas dari hewan endemik bekantan tersebut.

Jika dihitung dalam jumlah, terjadi penambahan sekitar 5-10 bayi bekantan dalam tiap satu musim.

Halaman
123
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved