Breaking News:

Berita Tanbu

Tiga Desa Tertinggal di Tanbu, Dinas Pertanian Kirim Bibit Jengkol hingga Tanaman Kopi

Usai kunjungan ditiga desa ujung dan tertinggal di di kecamatan Teluk Kepayang Kabupaten Tanahbumbu, oleh Bupati beserta seluruh SKPDnya, memiliki ban

Penulis: Man Hidayat | Editor: Edi Nugroho
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Kadis Pertanian Tanbu, Fauraji Akbar 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Usai kunjungan ditiga desa ujung dan tertinggal di di kecamatan Teluk Kepayang Kabupaten Tanahbumbu, oleh Bupati beserta seluruh SKPDnya, memiliki banyak program.

Bupati Tanbu Zairullah Azhar, mengintruksikan semua dinasnya turun tangan membantu tiga desa yakni Batu Bulan, Dadap Kusan Raya dan Tamunih, agar tidak tertinggal lagi.

Zairullah, menekankan kepada sejumlah dinas untuk ambil bagian sesuai tufoksinya agar desa tidak tertinggal lagi, misalnya saja dibidang pertanian.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Tanbu, Fauraji Akbar, Rabu (9/6/2021) saat dikonfirmasi mengatakan usai mengunjungi desa itu, sempat mengumpulkan warga apa saja yang paling dibutuhkan.

Baca juga: Dinas PMD Kabupaten Tanbu Tergetkan 5 Prioritas Mendesak untuk Bangun 2 Desa Tertinggal

Baca juga: Selaraskan Arah Pembangunan Bupati dan Wakil Bupati, TP PKK  Balangan Majukan Desa Tertinggal

Baca juga: Pemprov Kalteng Tingkatkan Desa Tertinggal Dijadikan Desa Berkembang, Rojikinnoor Sebutkan Ini

" Jadi setelah kita kumpulkan dan melihat potensi pertanian disana, ada beberapa yang dibutuhkan yakni jengkol, cengkeh, Jahe, lada dan kopi," katanya.

Namun sebelum itu, akan diberikan pembinaan terlebih dahulu agar mereka tahu dan siap untuk membudidaya itu. Mereka diharapkan tidak berpindah-pindah usai penanaman dilakukan.

" Artinya kita berikan pengetahuan, cara berbudidaya tanaman hultikultura atau perkebunan yang cocok dan yang disukai," katanya.

Sebelumnya sudah ada yang berjalan, misalnya jengkol karena pasaran mereka ternyata lebih dekat ke area Kabupaten Banjar, Kandangan dan Tapin. Perekonomian mereka bisa terbantu dengan adanya tanaman-tanaman itu, karena kebutuhan itu penting dipasaran.

" Jengkol sudah ada yang mereka tanam tapi masih sedikit, namun kami akan berikan pembinaan lagi untuk menanam lebih banyak jengkol dan cara perawatannya," katanya.

Seperti dilihat dilokasi, tanaman jengkol sudah ada. Sementara Kopi tidak terlalu diminati padahal sebenarnya bagus untuk diwilayah tersebut. Dinas Pertanian akan memberikan pemahaman hingga pelatihan bagaimana cara menanam dan merawat kopi, cengkeh, jahe dan lada.

" Insya Allah, diperubahan nanti, kita akan kirimkan bibitnya untuk masyarakat disana sesuai keingina pa bupati," katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved