Breaking News:

Berita Tanahbumbu

Bangun Pabrik Pengalengan Ikan, Dinas Perikanan Kabupaten Tanbu Konsultasi ke Kementerian

Dinas Perikanan Kabupaten Tanbu konsultasi ke Kementerian Perikanan Kelautan untuk bangun pabrik pengalengan ikan, pabrik es, jenis ikan yang cocok.

BANJARMASINPOST.CO.ID/MAN HIDAYAT
Nelayan saat berada di Pelabuhan Perikanan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Rencana pembangunan pabrik pengalengan ikan di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan, bakal diwujudkan.

Hal itu sesuai dengan janji Bupati dr HM Zairullah Azhar pada saat kampanye pilkada.

Dinas Perikanan sudah bergerak untuk mengumpulkan informasi dan konsultasi hingga ke Kementerian  Perikanan dan Kelautan. 

"Kami sudah konsultasi ke Dirjen Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan Perikanan, menyampaikan keinginan Bupati membangun pabrik pengalengan ikan," kata Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tanbu, Yulian Herawati, Kamis (10/6/2021). 

Konsultasi tersebut memang tak masuk di bagian pabrik. Karena, di sana hanya unit pengolahan ikan. Kendati demikian, bisa diatasi dengan menyuplai bahan baku.

Baca juga: VIDEO Pejabat Dinas PUPR Kabupaten Tanbu Periksa Titian di Pulau Sewangi

Baca juga: Masih Ada Desa di Kabupaten Tanbu yang Belum Serahkan SPj untuk Bisa Salurkan BLT

"Misalnya bahan baku ikan laut, maka yang disiapkan adalah gudang beku atau gudang es. Kenapa? Karena setiap waktu bisa menyimpan ikan. Karena, tidak setiap waktu ada ikan, apalagi bukan musimnya," katanya.

Upaya Kabupaten Tanbu saat ini adalah agar ada pabrik es yang statusnya milik pemkab.

Dinas Perikanan mengusulkan pembangunan pabrik es yang nanti dikelola pihak ketiga dan sudah dilaporkan ke kementerian.

Dinas akan membantu menyiapkan proposal, karena ini sifatnya pabrik pengalengan ikan adalah industri, maka koordinasinya dengan Dinas Perindustrian.

Langkah lainnya, melaksanakan studi kelayakan untuk lokasi pendirian pabrik dan lokasi layak atau tidaknya didirikan pabrik, ikan apa yang cocok hingga pasarnya ada atau tidaknya.

Baca juga: Pembangunan Lapas Tanbu Rampung, Tahun Ini 4 Unit Blok Hunian Selesai Dibangun

Baca juga: Belum Dilimpahkan ke Daerah, Rusunawa di Kabupaten Tanbu Belum Ditempati

Untuk potensi Ikan di Kabupaten Tanbu, lantaran berada diwilayah pesisir yang panjang, maka yang dinilai cocok adalah jenis ikan payau.

"Kalau dilihat sepertinya ikan bandeng, bisa dioptimalkan lagi. Itu dianggap mampu untuk menyuplai bila itu terbangun. Tinggal pengoptimalan saja lagi," imbuh dia.

Sementra itu, pelaku usaha perikanan di Kabupaten Tanbu, Muhammad Dong, menyambut baik rencana tersebut dan siap bantu menyuplai. "Kami sangat mendukung dan siap menjadi penyuplai ikan," tandasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved