Breaking News:

Berita Banjarmasin

Dosen Keperawatan Gawat Darurat FKIK UM Banjarmasin Latih Relawan Tangani Korban Kecelakaan

Pengabdian kepada masyarakat, FKIK UM Banjarmasin melatih relawan cara pertolongan pertama dan transfer korban kecelakaan

FKIK UM Banjarmasin untuk Bpost
kegiatan Pertolongan Pertama (First Aid) dan Transfer Korban Kecelakaan oleh Dosen Departemen Keperawatan Gawat Darurat FKIK UM Banjarmasin bersama relawan MG Elang 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Melihat tingginya kasus kecelakaan lalu lintas di Kota Banjarmasin, para Dosen Departemen Keperawatan Gawat Darurat Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (UM) Banjarmasin melaksanakan kegiatan Pertolongan Pertama (First Aid) dan Transfer Korban Kecelakaan.

Kegiatan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat itu, mereka selenggarakan dengan menggandeng tim relawan Rescue MG Elang Banjarmasin.

Kegiatan itu dirasa penting untuk dilaksanakan, guna memberikan informasi dan pengetahuan kepada para relawan rescue, terkait Pertolongan Pertama (First Aid) dan Transfer Korban Kecelakaan.

Baca juga: Dirjen Binmas Kemenag RI Beri Kuliah Umum ke Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin

Baca juga: Heboh Pengemudi Mobil Hitam Bagi-bagi Uang di Kawasan Terminal Km 6 Banjarmasin

"Relawan merupakan tim yang memiliki peran penting di masyarakat dalam memberikan bantuan dan pertolongan, yang sifatnya penanganan awal, termasuk pertolongan dan transfer pada korban kecelakaan secara tepat," kata Ketua Pengabdian Masyarakat Dosen Departemen Keperawatan Gawat Darurat (FKIK) (UM) Banjarmasin. Kamis (10/6/2021).

Izma Daud mengharapkan kegiatan tersebut dapat membantu petugas kesehatan, untuk meminimalkan angka morbiditas dan mortalitas pada korban kecelakaan.

"Kami dari tim Departemen Keperawatan Gawat Darurat maupun tim rescue MG Elang Banjarmasin, sangat senang dan antusias melakukan sharing ilmu ini. Kami berharap apa yang kami lakukan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat kota Banjarmasin khususnya dalam bidang kesehatan," jelasnya.

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel 2020, Bawaslu Sempat Menerima Laporan Dugaan Praktik Money Politic

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel 2020, Heboh TPS Hanya 13 Pemilih, Ternyata TPS 22 LPKA Martapura

Kegiatan yang bertempat di Aula Ahmad Chalik Dahlan, Kampus 1 UM Banjarmasin ini dibuka langsung oleh Dekan FKIK UM Banjarmasin, Solikin, Ns, M Kep, Sp Kep MB.

Dikatakannya kegiatan itu sangat baik untuk dilaksanakan, karena dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar, terhadap penanganan pertama dan cara transfer yang tepat kepada korban kecelakaan.

Sebab penanganan yang tepat menurutnya sangat berpengaruh, terhadap keselamatan korban kecelakaan selanjutnya.

"Semoga kegiatan dengan tim rescue MG Elang ini bisa dilaksanakan, secara terus menerus dan berkesinambungan," ujarnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

Penulis: Muhammad Rahmadi
Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved