Breaking News:

Berita Tapin

Kepala DLH Kabupaten Tapin Ingatkan Duta Lingkungan Tentang Sungai yang Tercemar

Enam anak muda terpilih sebagai Duta Lingkungan yang diadakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin. Mereka diminta ajak masyarakat jaga lingkungan,

BANJARMASINPOST.CO.ID/STANISLAUS SENE
Para Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, tahun 2021. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Enam orang, pemuda pemudi, telah terpilih sebagai Duta Lingkungan Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (10/06/2021).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tapin, Nordin, kepada mereka mengingatkan bahwa  lingkungan cukup buruk kualitasnya. Hal itu terlihat dari air sungai tercemar.

Salah satu penyebabnya, lanjut dia, adalah aktivitas pertambangan dan sampah rumah tangga. Semua itu telah mempengaruhi indeks kualitas air sangat kotor.

"Jadi, kepada para duta yang terpilih, hendaknya peduli dengan lingkungan. Sesuai tujuan pemilihan ini, yakni mencetak generasi muda yang peduli terhadap lingkungan," ungkapnya.

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel 2020, Rapat Pleno Rekapitulasi Suara di Binuang Akan Dilaksanakan Besok

Baca juga: Kawasan Rantau Baru Diperindah, Pemkab Tapin Rencanakan Bangun Taman Penunjang Perpustakaan

Selain peduli, duta lingkungan juga harus bisa menyosialisasikan kepada masyarakat bagaimana pentingnya menjaga lingkungan agar tidak tercemar.

"Tidak hanya yang terpilih saja. Bagi yang tidak terpilih, juga kami rangkul. Dengan cara, memberikan kegiatan untuk terjun ke masyarakat," ucapnya.

Dalam pemilihan Duta Lingkungan Tapin ini, pemuda-pemudi daerah setempat cukup antusias untuk mengikutinya. Tercatat sebanyak 40 orang yang terdaftar sebagai peserta.

"Walaupun, pemenangnya hanya enam orang saja sebagai Duta Lingkungan Tapin," katanya.

Baca juga: Hasil PSU Pilgub Kalsel Sementara Denny Indrayana Tertinggal, Ini Alasan Paslon 02 Gugat ke MK

Baca juga: Petugas Gabungan Razia Tempat Karaoke dan Kafe di Kabupaten Tapin, 11 Orang Kena Sanksi

Sementara itu, Aisya Nabila dan Zahra kedua gadis yang terpilih sebagai Duta Lingkungan Tapin, mengakui,  bahwa lingkungan di daerah ini memang sudah tercemar. Mereka pun miris melihat hal itu.

"Cerita orangtua, dulu Sungai Tapin airnya jernih. Tapi itu hanya cerita karena kami tidak pernah melihat secara  langsung," ucapnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus Sene)

Penulis: Stanislaus Sene
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved