Breaking News:

Rakat Mufakat

Pemkab HSS Serahkan Bantuan, Bupati H Achmad Fikry Harapkan Petani HSS Sejahtera

Bupati HSS H Achmad Fikry panen padi di lahan Kelompok Tani Mekar Sari Desa Telaga Langsat, beri bantuan dan memantau pembangunan saluran tersier.

PROKOPIM SETDAKAB HSS
Bupati H Achmad Fikry menyerahkan bantuan secara simbolis kepada petani, dalam rangkaian panen perdana di Desa Telaga Langsat, Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (10/6/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terus berupaya membantu petani untuk meningkatkan pertanian dengan berbagai program dan bantuan dana.

Apalagi, tercatat ada 80 persen penduduk Kabupaten HSS, Provinsi Kalimantan Selatan, berprofesi sebagai petani.

Bupati HSS H Achmad Fikry melakukan panen padi di areal sawah milik Kelompok Tani Mekar Sari Desa Telaga Langsat, Kamis (10/6/2021).

Menurut Bupati HSS H Achmad Fikry, pihaknya ingin terus mendorong para petani untuk bisa meningkatkan produktivitasnya.

Bupati H Achmad Fikry menyerahkan secara simbolis benih kepada petani, dalam rangkaian panen perdana di Desa Telaga Langsat, Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (10/6/2021).
Bupati H Achmad Fikry menyerahkan secara simbolis benih kepada petani, dalam rangkaian panen perdana di Desa Telaga Langsat, Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (10/6/2021). (PROKOPIM SETDAKAB HSS)

"Sering kami katakan kalau petani sejahtera, maka sejahteralah masyarakat kita,” kata Bupati.

Ia juga mengatakan sebelum panen terlebih dahulu melakukan peletakan batu untuk pembangunan jaringan irigasi tersier yang dibantu dengan dana Rp 75 juta per unit.

“Ini dilaksnakan dengan pola pada karya. Artinya, anggota kelompok tani bisa bekerja dengan upah harian sampai Rp 100 ribu per hari. Di era sekarang ini, pemerintah terus mendorong agar program itu bersifat padat karya, bisa melibatkan masyarakat," bebernya. 

Ia juga berharap saluran irigasi tersier ini bisa memperlancar usaha tani petani. Selain itu, saluran air ini bisa digunakan untuk tanam dua kali karena sumber mata airnya tersedia.

Bupati H Achmad Fikry dan forkopimda ikut panen padi bersama para petani di Desa Telaga Langsat, Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (10/6/2021).
Bupati H Achmad Fikry dan forkopimda ikut panen padi bersama para petani di Desa Telaga Langsat, Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (10/6/2021). (PROKOPIM SETDAKAB HSS)

Terkait dengan berbagai bantuan alat pertanian yang telah diserahkan, ia meminta agar alat-alat tersebut bisa dijaga dan dirawat dengan baik. 

Halaman
123
Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved