Breaking News:

PT PLN Persero UPDK Barito

PLN UPDK Barito Assessmen Waduk Riam Kanan Tingkatkan Keandalan PLTA Ir PM Noor

PLN UPDK Barito assessmen Waduk Riam Kanan untuk memastikan kondisi waduk dan bendungan PLTA Ir PM Noor tetap aman, andal dan optimal

Editor: Eka Dinayanti
PT PLN (Persero) UPDK Barito
Pelaksanaan assessment waduk dimulai dengan opening meeting, observasi lapangan 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - PT PLN (Persero) UPDK Barito ULPLTA/D Gunung Bamega melaksanakan assessment waduk PLTA Ir PM Noor bekerjasama dengan PLN Pusertif (Pusat Sertifikasi) yang dimulai 4 Juni 2021.

PLN Pusertif merupakan salah satu unit dari PLN yang bergerak secara khusus untuk melakukan pengujian di beberapa bidang, salah satunya di bidang sipil dan assessment bendungan/waduk.

Pelaksanaan assessment waduk dimulai dengan opening meeting, observasi lapangan dan berlanjut dengan pengambilan sampel data.

Pelaksanaan assessment waduk dimulai dengan opening meeting, observasi lapangan
Pelaksanaan assessment waduk dimulai dengan opening meeting, observasi lapangan
(PT PLN (Persero) UPDK Barito)

Adapun titik pengambilan sampel data diantaranya di daerah sekitar Waduk, DAM, Power House, serta hulu dan hilir dari aliran Waduk dan sungai.

Tim PLN Pusertif yang didampingi oleh Tim Ophar UPDK Barito serta Tim PLTA pada hari pertama melaksanakan kegiatan observasi dan survey lokasi untuk menentukan titik pengukuran dan pengambilan sampel data.

Adapun target yang akan dicapai meliputi pemeriksaan bangunan pembangkit listrik, pemeriksaan pergeseran dan keretakan waduk serta pengukuran sedimentasi.

Pelaksanaan assessment waduk dimulai dengan opening meeting, observasi lapangan
Pelaksanaan assessment waduk dimulai dengan opening
meeting, observasi lapangan (PT PLN (Persero) UPDK Barito)

Pelaksanaan assessment ini berlangsung selama 5 hari dan ditutup dengan Closing Meeting pada hari selasa 08 Juni 2021.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memastikan kondisi waduk dan bendungan PLTA Ir PM Noor yang merupakan salah satu pembangkit kebanggaan PLN UIKL Kalimantan tetap aman, andal dan optimal bagi PLN maupun masyarakat.

Dari hasil assessment tersebut, PLN Pusertif menarik kesimpulan bahwa, secara umum kondisi waduk PLTA Ir PM Noor dalam kondisi baik.

Meski terjadi beberapa longsoran di sekitar bendungan akibat bencana banjir dan tanah longsor pada bulan Januari 2021 yang lalu, hal tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap konstruksi utama dan kondisi keamanan waduk. (aol)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved