Breaking News:

Berita Tapin

Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Kalsel 2021, Tapin Raih Juara Tiga

Kabupaten Tapin raih juara tiga ada Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan 2021

banjarmasinpost.co.id/stanislaus Sene
Para Peserta Juara Lomba Inovasi Tingkat Desa Se Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (11/6/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Kabupaten Tapin raih juara tiga ada Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan 2021 yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalsel. Jumat, (11/06/2021).

Infomasi yang diterima Banjarmasinpost.co.id, Desa Pulau Pinang, Kecamatan Binuang menjadi perwakilan Kabupaten Tapin mengikuti lomba inovasi teknologi tepat guna tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Alhasil, Tapin keluar sebagai juara tiga dengan alat Light Trap menggunakan Energi Biogas.

Juara satu diraih oleh Desa Birayang, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dengan nama alat Inovasi Teknologi Tepat Guna Kandang Manggot BSF 3 in 1 dan juara 2 diraih oleh Desa Banua Tengah, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut.

Baca juga: VIDEO Ayunan Papan Kabupaten Tapin Ikuti Lomba Desa dan Tertib Administrasi PKK Kalsel

Baca juga: Terdakwa Kasus Korupsi Pembangunan Tebing Siring di Tapin Kembalikan Kerugian Negara, ini Jumlahnya

Baca juga: Desa Ayunan Papan Kabupaten Tapin Peroleh Pendapatan Rp 27 Juta dari Bumdes

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tapin, Rahmadi mengatakan, Alhamdulillah perwakilan Kabupaten Tapin mendapatkan Juara tiga dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

"Kabupaten Tapin melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa mengirimkan perwakilan pada Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna yang diselenggarakan oleh Dinas PMD provinsi Kalsel, yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2021 bertempat di Balai Latihan Kerja Banjarbaru," terangnya.

Rahmadi mengatakan perlombaan tersebut diikuti oleh seluruh perwakilan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) se-Kalsel dan perwakilan Tapin dari Posyantek Kecamatan Binuang, Desa Pulau Pinang dengan Inovasinya Biogas Lighttrap dan Chopper,tutur Rahmadie.

"Biogas Lighttrap merupakan penangkapan serangga yang di Inovasi  sedemikian rupa menggunakan bahan bakar biogas dan gas LPG sebagai alat untuk menyalakan cahayanya sehingga bisa menarik serangga di sawah sampai terperangkap disitu," jelasnya.

Baca juga: Hasil PSU Pilgub Kalsel 2020 di Binuang Tapin, 21 TPS Masuk, Paman Birin Ungguli Denny Indrayana

Ia mengatakan terciptanya alat tersebut muncul dari ide para pemuda di Desa pulau pinang yang dipelopori oleh Maulana yang bertujuan untuk mengurangi hama dilahan pertanian (sawah) dengan biaya yang murah dan efisien.

"Selain itu dengan banyaknya limbah pertanian yang terbuang dan banyak juga warga di Desanya yang mempunyai peternakan, muncul ide dari Maulana Cs ini tentang bagaimana agar limbah-limbah tersebut bermanfaat bagi peternakan mereka," ungkapnya. (Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene)

Penulis: Stanislaus Sene
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved