Breaking News:

Berita HSS

RSUD Brigjen H Hasan Basry Kandangan Siap Melayani Pasien Kanker se-Banua Enam

Kabar baik untuk warga di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan. Kini warga di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang hendak berobat

Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi
Rumah Sakit H Hasan Basry, Kandangan, kini sudah menyediakan pelayanan kemoterapi pertama untuk rumah sakit daerah 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN – Kabar baik untuk warga di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan. Kini warga di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang hendak berobat kemoterapi bagi pasien penderita kanker tak perlu lagi jauh ke Banjarmasin.

Pasalnya, Rumah Sakit H Hasan Basry, Kandangan, kini sudah menyediakan pelayanan kemoterapi pertama untuk rumah sakit daerah di Kabupaten. Sebelumnya, pengobatan bagi survivor kanker hanya dilakukan di Rumah Sakit Ulin Banjarmasin.

Tak hanya untuk warga Hulu Sungai Selatan saja, pelayanan kemoterapi ini ditargetkan juga akan melayani seluruh pasien dari Banua Enam mencakup Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, Balangan, dan Tabalong.

Dokter Bedah Onkologi di RSUD H Hasan Basry, Kandangan, dr Prabudi, Sp.B (K) Onk, M. Kes, FICS mengatakan, pembangunan sarana kemoterapi di Banua Enam sangat penting. Hal ini mengingat jumlah penderita kanker di Banua Enam cukup tinggi.

Baca juga: VIDEO Aktivis Nilai Lingkungan RSUD Hadji Boejasin Kabupaten Tala Gersang

Baca juga: Penggunaan Anggaran Pembangunan RSUD Pambalah Batung Kabupaten HSU Diminta untuk Transparan

Baca juga: Bupati Tabalong Tinjau Vaksinasi Perdana di RSUD H Usman Dundrung Tanjung

Apalagi, bebernya, berdasarkan data dari BPJS Kesehatan tercatat ada 423 pasien kanker se Banua Enam yang berobat di Banjarmasin untuk kemoterapi kanker.

Dijelaskannya, angka ini bukan angka ril penderita kanker. Sebab, menurutnya, masih banyak penderita kanker yang enggan berobat dan memilih pengobatan alterinatif.

Ia menjelaskan, berdasarkan ilmu kedokteran, pengobatan alternatif tidak berpengaruh banyak terhadap kesembuhan. Ia berharap masyarakat bisa menyadari pentingnya pengobatan kemoterapi bagi penderita kanker.

“Kebanyakan yang berobat sudah terlambat. Makanya, kami ingin menjelaskan kepada masyarakat pentingnya pengobatan dini kemoterapi bagi penderita kanker. Karena semakin dini ditangani akan tingkat kemungkinan sembuh juga akan semakin tinggi,” katanya.

Dijelaskannya, di Rumah Sakit H Hasan Basry Kandangan, saat ini baru bisa menangani kanker jenis solid cancer. Seperti kanker payudara, kanker otot, kanker jaringan lunak, kanker kulit, kanker wajah, kanker mulut, dan kanker tiroid.

Halaman
12
Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved