Breaking News:

Kalselpedia

Kalselpedia, Inilah Multi 6 Produk Lokal Unggulan Batola Kalsel

Kalselpedia, Salah satu produk lokal unggulan Kabupaten Barito Kuala adalah kain sasirangangan dengan motif khas, yakni terdiri dari motif purun dan p

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/MuhammadTabri
Gubernur Kalsel, Shabirin Noor bersama isteri mengenakan kain sasirangan khas Batola saat menghadiri hari Jadi Barito Kuala pada Januari 2020 lalu 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Kalselpedia, Salah satu produk lokal unggulan Kabupaten Barito Kuala adalah kain sasirangangan dengan motif khas, yakni terdiri dari motif purun dan padi.

Motif kedua tumbuhan ini merupakan manifestasi Batola sebagai lumbung padi dan penghasil purun tikus yang terbilang langka.

Perpaduannya dengan kain sasirangan khas Banjar menjadi salah satu produk (motif) yang telah dipatenkan dan memperoleh hak cipta resmi dari DJKI Kemenkum HAM pada 2020 lalu.

Upaya mematenkan hak cipta motif pada kain sasirangan ini merupakan langkah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala guna mendukung perkembangannya di masyarakat.

Baca juga: Kalselpedia, Mengenal Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Kalsel

Baca juga: Kalselpedia - 10 Toko Kosmetik di Banjarmasin

Baca juga: Kalselpedia, Tarif Feri Telukgosong-Tanjung Nusantara Pulau Sebuku untuk Roda Dua Rp 42 Ribu

Baca juga: Kalselpedia: Jarak dan Lama Waktu Tempuh Dari Feri Telukgosong-Tanjung Nusantara Pulau Sebuku

Di mana dengan dipatenkannya motif tersebut bisa menjadi ciri khas atau nilai jual tersendiri di pasaran. Sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat dalam meproduksi kain tersebut.

Dalam hal produksi guna memenuhi permintaan pasar, penyirang (pembuat kain sasirangan) di Batola juga dibekali pelatihan. Yakni melalui Doskoperindag setempat.

Melalui sejumlah pembinaan, kini telah banyak penyirang yang dapat membuat motif purun dan padi, yang mana nantinya akan menjadi seragam batik ASN dan sekolah di Batola. (Banjarmasinpost.co.id/MuhammadTabri)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved