Breaking News:

KalselPedia

KalselPedia - Tiga Varietas Padi Lokal Kabupaten Batola Terdaftar di Hak Paten

KalselPedia, varietas padi Kabupaten Batola, Siam Unus Batola, Karang Dukuh Batola, Siam Mayang Batola memiliki hak Perlindungan Varietas Tanaman.

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MUHAMMAD TABRI
Kalselpedia. Beras mayang dan beras siam anjir, merupakan produk pertanian unggulan Kabupaten Barito Kuala (Batola), Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - KalselPedia. Beberapa varietas padi di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan, telah terdaftar dan miliki Hak paten atau hak Perlindungan Varietas Tanaman (PVT). 

Beberapa varietas tanaman tersebut yakni beras atau padi Siam Unus Batola, Karang Dukuh Batola dan Siam Mayang Batola. Masing-masing ketiganya memiliki ciri khas tersendiri. 

Meskipun cenderung ada kesamaan nama dengan varietas yang lain di kalangan masyarakat, jadi untuk memperjelas perbedaannya disematkan kata Batola pada bagian akhir nama varietas sebagai pembeda.

Menurut Murniati, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura ( Distan TPH Kabupaten Batola ),  tiga varietas ini merupakan padi yang sudah ditanam turun-temurun. Namun secara pasti belum diketahui asal usulnya.

Baca juga: KalselPedia - Delapan Produk Unggulan Kabupaten Batola

Baca juga: Narkoba Kalsel, Satresnarkoba Polres Batola Amankan Warga Bawa Sabu di Komplek Messi

"Dua varietas dari Desa Danda Jaya, yaitu Siam Mayang Dan Karang Dukuh. Sedangkan Siam Unus berasal dari kawasan Anjir," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (12/6/2021).

Adapun keunggulannya memiliki harga ekonomis yang tinggi, warna kulit padi yang berbeda, serta mampu bertahan di lahan yang pasang surut.

Murniati pun menambahkan pendaftaran hak paten varietas ini melalui mekanisme penamaan, pendaftaran dan penggunaan varietas asal untuk membuat varietas turunan esensial.

Sesuai dengan Undang-undang Nomor 29 Tahun 2000 Tentang Perlindungan Varietas Tanaman, Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2004 dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 01 Tahun 2006 Tentang Syarat Penamaan, Tata Cara Pendaftaran Varietas Tanaman.

Baca juga: Diterpa Pandemi Covid-19, Proyek Pembangunan Jalan Kutabamara di Batola Tetap Dilanjutkan

Baca juga: Pasca Banjir, Kerusakan Jalan Nasional Banjarmasin-Marabahan Kalsel Mulai Diperbaiki

Kini, secara resmi ke tiga varietas ini telah terdaftar dan hak patennya dimiliki masyarakat dimana varietas tersebut berasal yakni Barito Kuala

Sekalipun untuk dijadikan penelitian nantinya oleh pihak lain, maka tidak bisa sembarangan menggunakanan varietas ini harus ada izinnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved