Breaking News:

Berita Banjarbaru

PLN Gelar Gerakan Akselerasi Eksekusi Serentak, Terjunkan 831 Personel Tingkatkan Keandalan Listrik

Petugas PLN UIW Kalselteng lakukan perabasan dan penebangan pohon yang terkena atau berpotensi ganggu jaringan listrik mulai 8 Juni-10 Juni 2021.

Editor: Alpri Widianjono
PT PLN (PERSERO) UIW KSKT
Petugas PLN melakukan pemangkasan dahan pohon agar keandalan listrik tetap terjaga. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng) terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan keamanan dan keandalan pasokan listrik di wilayah ini.

Melalui Gerakan Akselerasi Eksekusi Serentak (GAES), tindakan preventif maintenance dengan melakukan perabasan dan penebangan pohon yang terkena atau berpotensi mengganggu jaringan listrik.

Serta, melakukan inspeksi peralatan jaringan listrik menjadi fokus utama dalam kegiatan ini. 

Kegiatan yang dilakukan mulai 8 Juni 2021 sampai dengan 10 Juni 2021 tersebut dilakukan serentak dengan melibatkan 831 personel.

Terdiri dari 185 Tim Pelayanan Teknik, 4 Regu Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Sentuh langsung dan 2 Regu PDKB berjarak dengan target inspeksi jaringan listrik sepanjang 4.491 Kilometer Sirkuit (KMS)/

Serta, target perabasan pohon terhadap jaringan sebanyak 8.811 titik Pohon yang berpotensi menyebabkan gangguan. 

Tim PLN apel sebelum melaksanakan tugas memelihara keandalan listrik.
Tim PLN apel sebelum melaksanakan tugas memelihara keandalan listrik. (PT PLN (PERSERO) UIW KSKT)

Tidak dipungkiri, gangguan listrik paling banyak disebabkan oleh pohon tumbang, serta patahan cabang dan ranting yang menimpa jaringan akibat tiupan angin kencang, terutama saat musim hujan.

Selain itu, gangguan akibat cuaca ekstrim, pekerjaan bangunan, peralatan jaringan, gardu listrik dan komponen kelistrikan lainnya, serta faktor force majeur.

“Faktor dominan penyebab listrik padam adalah akibat pohon tumbang, patahan cabang dan ranting yang mengenai jaringan, serta gangguan cuaca ekstrim hujan berpetir,” ujar GM PLN UIW Kalselteng Tonny Bellamy,  Jumat (11/6/2021) sore.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved