Breaking News:

PSU Pilgub Kalsel 2020

PSU Pilgub Kalsel 2020, Hari Kedua Rekapitulasi di Banjarmasin Selatan Sempat Diwarnai Protes

PSU Pilgub Kalsel 2020, Protes dari saksi salah satu pasangan calon (paslon) mewarnai hari kedua rekapitulasi hasil perhitungan surat suara Pemungutan

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
PSU Pilgub Kalsel 2020, Suasana hari kedua rekapitulasi hasil perhitungan surat suara PSU Pilgub Kalsel 2020 di Kecamatan Banjarmasin Selatan. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - PSU Pilgub Kalsel 2020, Protes dari saksi salah satu pasangan calon (paslon) mewarnai hari kedua rekapitulasi hasil perhitungan surat suara Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel) 2020 yang dilaksanakan di Kecamatan Banjarmasin Selatan, hari ini Sabtu (12/6/2021).

Aksi protes dilakukan oleh saksi dari salah satu paslon, karena mengetahui saksi dari paslon lainnya melakukan pergantian tanpa memberitahukan atau melapor terlebih dahulu.

Akhirnya kejadian itu pun dimasukkan ke dalam catatan kejadian khusus, dan rekapitulasi pun kembali dilanjutkan.

"Memang tadi sempat ada protes dari saksi salah satu paslon karena saksi dari paslon lainnya melakukan pergantian tanpa sepengetahuan pimpinan sidang pleno," ujar Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Banjarmasin, Syafruddin Akbar kepada banjarmasinpost.co.id.

Baca juga: VIDEO Protes Warnai Pleno Hasil PSU Pilgub Kalsel Tingkat Kecamatan di Binuang

Baca juga: Pleno Hasil PSU Pilgub Kalsel Tingkat Kecamatan Usai, Logistik Langsung Didistribusikan Ke KPU Tapin

Baca juga: Pleno Hasil PSU Pilgub Kalsel 2020 di Binuang Diwarnai Protes, BirinMU Menang Telak

Meskipun demikian, dijelaskan oleh Akbar bahwa kejadian tersebut sudah dicatat ke dalam catatan kejadian khusus.

"Sudah clear, dan dimasukkan ke dalam kejadian khusus karena saksi dari paslon lainnya keberatan. Dan itu sebenarnya sudah diatur dalam tata tertib, bila melakukan pergantian harusnya izin dengan yang memimpin sidang," katanya.

Meskipun demikian, dijelaskan juga oleh Akbar bahwa proses rekapitulasi pada hari kedua ini berjalan lancar.

"Ada juga kesalahan-kasalahan adminitrasi, misalnya salah penempatan dan sebagainya. Kemudian sama-sama diperbaiki sepengetahuan saksi dan panwas. Dan yang pasti untuk perolehan suaranya tidak berubah," jelasnya.

Dibeberkan juga oleh Akbar bahwa pada hari kedua ini, rekapitulasi dilakukan pada hari ini sedikit lebih banyak dibandingkan hari pertama.

"Hari pertama kemarin untuk Kelurahan Mantui, Murung Raya, Kelayan Tengah dan Kelayan Barat. Sedangkan hari ini ada lima kelurahan yakni Pemurus Dalam, Kelayan Dalam, Kelayan Selatan, Tanjung Pagar dan Pekauman," katanya.

Sementara untuk tiga kelurahan lainnya yakni Pemurus Baru, Kelayan Timur dan juga Basirih Selatan dijadwalkan dilakukan besok Minggu (13/6/2021).(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved