Breaking News:

Ibadah Haji 2021

Kuota Haji 2021 Khusus Jemaah Domestik Arab Saudi, Kemenag Harapkan Calhaj Bersabar

Keputusan otoritas Saudi Arabia hanya membuka penyelenggaraan ibadah haji 1442 H, untuk kalangan warganya sendiri atau domestik.

Penulis: Mariana | Editor: M.Risman Noor
Kementerian Agama RI
Ilustrasi Pelaksanaan Ibadah Haji di Mekkah 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Penyelenggaraan ibadah haji 2021 resmi diumumkan otoritas Arab Saudi. Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) mengharapkan calon jemaah haji Indonesia bersabar.

Keputusan otoritas Saudi Arabia hanya membuka penyelenggaraan ibadah haji 1442 H, untuk kalangan warganya sendiri atau domestik.

Menteri Agama RI, Yaqut Cholis Qoumas mengharapkan calon jemaah haji tetap bersabar dan tawakal. Kuota haji 2021 khusus jemaah domestik.

"Mari sama-sama berdoa semoga pandemi segera berlalu. (Sehingga) ibadah haji tahun depan bisa berjalan dengan normal dan tenang kembali. Innallaha ma’ana," kata Yaqut.

Baca juga: Cara Daftar BLT Dana Desa Rp 300.000, Akses Link sid.kemendesa.go.id Cek Daftar Penerima

Baca juga: Mabes Polri Turunkan Puluhan Personel Guna Evakuasi Kapal Misterius, Nakhoda Kabur

Menurut Yaqut, jumlah kuota yang ditetapkan sebesar 60.000 jemaah domestik, jauh lebih banyak dibanding tahun lalu.

Yaqut menyambut baik Kerajaan Saudi Arabia yang akhirnya menyampaikan keputusan resmi terkait penyelenggaraan haji 2021.

Keputusan ini menjadi pedoman yang jelas bagi umat muslim seluruh dunia, tidak hanya Indonesia, dalam konteks penyelenggaraan haji 1442 H.

Jemaah Haji di depan kabah.
Jemaah Haji di depan kabah. (twitter @Hajministry)

"Keputusan ini menunjukkan Saudi menomorsatukan aspek keselamatan dan kesehatan jiwa jemaah," ucap Yaqut.

"Dengan pembatasan ini, maka protokol kesehatan akan tetap bisa berjalan dengan baik sekaligus mengantisipasi potensi penularan wabah dengan jumlah yang masif," tambah Yaqut.

Dilansir tribunnews.com dengan judul arab-saudi-putuskan-haji-2021-khusus-domestik-menag-kita-fokus-persiapan-tahun-depan, Yaqut pun meminta calon haji dari Indonesia mempersiapkan diri untuk pemberangkatan tahun depan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved