Breaking News:

Pesona Pantai Turki Tanahlaut

Wisata Kalsel : Bersantai di Gazebo, Beragam Fasilitas di Pantai Turki Tanahlaut Ini Juga Melengkapi

Wisata Pantai Turki Tanahlaut memanjakan setiap pelancong yang datang. Selain pantainya yang indah, juga ada gazebo dan fasilitas lainnya

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/idda royani
GAZEBO - Sejumlah gazebo melengkapi fasilitas Pantai Turki, kian memanjakan para pelancong, Minggu (13/6/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sejak sekitar lima tahun terakhir objek wisata pantai di Kabupaten Tanahlaut (Tala) bermunculan. Di antaranya yang merupakan pantai baru yakni Wisata Kalsel Pantai Turki.

Objek wisata ini mulai dibuka untuk umum tahun 2017 lalu. Letaknya berada di Dusun Tungkaran Naik di wilayah RT 8 RW 4 Desa Swarangan, Kecamatan Jorong. Jaraknya dari Kota Pelaihari (ibu kota Tala) 51,4 kilometer.

Pantai Turki merupakan objek wisata milik perseorangan. "Milik H Mawar warga Tala, dulunya dari Kurau. Kemudian ditata dan dibuka untuk umum," sebut Kepala Dinas Patiwisata Tala Ismail Fahmi, Minggu (13/6/2021).

Dikatakannya, di Tala ada sejumlah objek wisata yang dikelola atau milik pribadi masyarakat. Pihaknya juga terus melakukan pembinaan agar keberadaan objek wisata makin baik dalam memberikan pelayanan kepada pengunjung.

Baca juga: Wisata Kalsel : Pantai Turki Tanahlaut Tawarkan Keindahan Alam Pesisir Nan Elok, Asyik Buat Plesiran

Baca juga: Wisata Kalsel : Pasir di Pantai Turki Lembut dan Padat, Pelancong Nyaman Jalan-jalan di Pesisir

Baca juga: Wisata Kalsel : Daratan Pesisir Pantai Turki Tanahlaut Berpermadani Rumput Hijau, Pelancong Betah

"Terutama pasa kondisi pandemi saat ini  kami selalu menekankan agar pengelola wisata benar-benar menerapkan protokol kesehatan," tandas Fahmi.

Tarif masuk ke Pantai Turki terjangkau. Per orang Rp 10 ribu untuk orang dewasa, sedangkan anak-anak kecil tak dipungut biaya masuk.

Panorama wisata di Pantai Turki berbeda dibanding sejumlah wisata pantai lainnya yang ada di Banua ini.

Begitu menjamah area pantai, pengunjung disambut pemandangan menghijau, baik rerumputan yang menjelma bak pemadani di daratan dekat pesisir maupun pepohonannya.

Apabila diperhatikan, pasir di Pantai Turki tidak sepenuhnya berwarna putih, tapi agak kekuningan sehingga hamparan pasir setempat tampak berkilau seperti emas saat terpapar sinar matahari.

Beragam fasilitas melengkapi Pantai Turki. Di antaranya pengunjung bisa menyewa ban karet atau perahu karet kecil yang disediakan oleh para pengelola pantai setempat.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved