Breaking News:

Pesona Pantai Turki Tanahlaut

Wisata Kalsel : Tak Ada Kaitannya dengan Arab, Ini Makna Penamaan Pantai Turki di Tanahlaut

Namanya, lekat dengan jazirah Arab, namun pantai Turki tak ada kaitannya dengan negara Turki. Ternyata Turki adalah singkatan Tungkaran Kiri

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/idda royani
INDAH - Inilah panorama alam di Pantai Turki nan elok. Objek wisata di wilayah Kecamatan Jorong ini kian ramai dikunjungi pelancong, Minggu (13/6/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Tiap orang maupun benda di jagat raya ini memiliki nama dan di antaranya menyimpan makna tersendiri. Begitu pula dengan penamaan terhadap Wisata Kalsel Pantai Turki.

Objek wisata Kalsel yang berada di wilayah Desa Swarangan RT 8 RW 4 Dusun Tungkaran Naik, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), tersebut namanya memang lekat dengan jazirah Arab.

Namun sejatinya tak ada kaitannya dengan negara Turki.

"Turki itu singkatan Tungkaran Kiri," papar Ismail Fahmi, kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Tala, Minggu (13/6/2021).

Baca juga: Gegara Ambil Pasir dan Kerang di Pantai Sardinia Italia, Puluhan Turis Didenda Rp 52 Juta

Baca juga: Wisata Kalsel : Pantai Turki Tanahlaut Tawarkan Keindahan Alam Pesisir Nan Elok, Asyik Buat Plesiran

Baca juga: VIDEO Wisata Kalsel, Berkunjung ke Pantai Teluk Tamiang Kabupaten Kotabaru

Ia menuturkan Pantai Turki termasuk objek wisata Kalsel di Tanah Laut yang cukup diminati wisatawan, baik dari warga lokal (Tala) maupun dari daerah lainnya. Termasuk dari provinsi tetangga seperti Kalimantan Tengah.

Meski bukan objek wisata milik pemerintah daerah, pihaknya terus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap keberadaan seluruh objek wisata. Tak terkecuali Pantai Turki.

MUSALA - Inilah musala yang tersedia di Pantai Turki. Letaknya berdekatan dengan pesisir pantai.
MUSALA - Inilah musala yang tersedia di Pantai Turki. Letaknya berdekatan dengan pesisir pantai. (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Pengelola Pantai Turki melabeli konsep pengelolaan pantai setempat sebagai wisata religi. Karena itu antara lain disediakan fasilitas tempat ibadah (salat) berupa musala yang dilengkapi perlengkapan salat yang lengkap.

Letak musala berada di sisi kiri jalan dari arah kedatangan di area pantai. Pengunjung yang ingin menunaikan salat pun secara mudah menjangkaunya karena dekat dengan pesisir pantai.

(banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved