Sepak Terjang dokter Relawan Bencana

Diadang Risiko Besar, dokter Sorayya Tembus Tingginya Air Demi Bantu Korban Banjir di Kalsel

dokter asal Kalimantan Selatan dr Rizki Agmalia Sorayya menjadi relawan bencana banjir yang merendam hampir seluruh daerah di Kalsel

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Eka Dinayanti
dr Sorayya untuk Bpost-
dr Rizki Agmalia Sorayya bersama rekan relawan saat menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Kalsel 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Namanya pun relawan, tak ada kewajiban atau tanggungjawab tertentu yang harus dipenuhi melainkan dilakukan berdasarkan keikhlasan untuk membantu sesama.

Meski demikian, menjadi seorang relawan juga memiliki risiko tersendiri.

Apalagi jika menjadi relawan bencana, kegiatan yang dilakukan terkadang bisa saja mengancam keselamatan jika tak diawali perencanaan, dibekali pengetahuan memadai dan persiapan matang.

Namun tantangan dan risiko ini tetap diambil oleh seorang dokter asal Kalimantan Selatan (Kalsel), dr Rizki Agmalia Sorayya saat menjadi relawan bencana banjir yang merendam hampir seluruh kabupaten/kota di Kalsel awal Tahun 2021.

Ancaman hanyut terbawa arus saat menembus tingginya genangan air yang mencapai setinggi dada bahkan leher orang dewasa hanya satu dari sederet risiko yang dihadapinya.

Baca juga: Perkelahian di Banjarmasin, Diduga Hendak Melerai Warga Alalak Selatan Ini Dibacok

Belum lagi risiko terjangkit penyakit karena berjam-jam dan dalam belasan hari terendam air genangan banjir juga dihadapi dokter yang akrab disapa dr Sorayya ini.

Meski demikian, tantangan dan risiko tersebut tak menyurutkan niat tulusnya untuk membantu korban bencana banjir yang merendam hampir seluruh kabupaten/kota dan tercatat menjadi musibah banjir terbesar di Kalsel sejak puluhan tahun lalu.

"Saat itu di hari kedua banjir benar-benar tinggi. Saya ingat, setelah selesai tugas di IGD saya langsung putuskan untuk berangkat," kata dr Sorayya.

( Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved