Sepak Terjang dokter Relawan Bencana

Dokter Sorayya Tembus Arus Banjir hingga Dinihari Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Kalsel

Terjebak hujan deras dan angin kencang hingga tiba di daratan lagi sekitar pukul 2 subuh, jadi pengalaman tak terlupakan dr Sorayya

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Eka Dinayanti
dr Sorayya untuk Bpost-
dr Sorayya saat dini hari menaiki perahu untuk mencapai lokasi korban Banjir di kawasan Kerukan 10, Kabupaten Batola 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tentu tak mudah menjadi relawan bencana banjir, apalagi upaya penyaluran bantuan dilakukan ke titik-titik lokasi terpencil yang semakin sulit dijangkau di tengah genangan dan arus banjir.

Namun tantangan dan risiko itu tetap diambil oleh seorang Dokter asal Kalsel, dr Rizki Agmalia Sorayya.

Tak kurang dari lima belas kali selama rentang waktu dua minggu dr Sorayya ditemani suami dan sejumlah rekannya pulang-pergi ke lokasi-lokasi korban banjir di Kalsel awal Tahun 2021.

Dengan menumpang perahu motor sewaan, mengayuh perahu kecil milik warga hingga berjalan kaki menembus tingginya genangan banjir rela dilakukannya untuk sampai ke titik-titik lokasi korban banjir di sejumlah kabupaten/kota di Kalsel yang terdampak Banjir.

Baca juga: Diadang Risiko Besar, dokter Sorayya Tembus Tingginya Air Demi Bantu Korban Banjir di Kalsel

Baca juga: Dokter Sorayya Kayuh Perahu Bawa Logistik Tembus Tingginya Banjir di Kalsel

Kepada Banjarmasinpost.co.id dr Sorayya mengatakan, pengalaman paling menantang saat mendistribusikan bantuan yang dialaminya saat menuju kawasan Kerukan 10, Kabupaten Barito Kuala.

"Paling berkesan di daerah Kerukan 10, Kecamatan Mandastana, Batola. Di sana kami 3 jam pakai kelotok, artinya 6 jam pulang-pergi. Sampai di sana terjebak hujan deras dan angin kencang hingga baru bisa tiba di daratan lagi sekitar pukul 2 subuh," bebernya.

Didapatinya di kawasan tersebut, ada sejumlah warga yang hanya dapat bernaung di bawah bentangan terpal di tengah guyuran hujan dan angin kencang.

Baca juga: Galang Donasi via Instagram, Dokter Sorayya Kumpulkan Rp 100 Juta Lebih bagi Korban Banjir Kalsel

Baca juga: Jadi Relawan Banjir di Kalsel, dokter Sorayya Bikin Laporan ke Donatur via Instagram Story

Menurutnya, karena begitu banyaknya masyarakat yang terdampak banjir dan terbatasnya jumlah relawan serta sumber daya logistik saat itu, memang ada sebagian korban banjir yang belum dapat dengan segera tertangani dan menerima bantuan yang dikoordinir pemerintah.

Hal ini pula yang menjadi motivasi dr Sorayya untuk turun bergerak menjadi relawan, menggalang donasi dan menyalurkan bantuan secara langsung.

( Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved