Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Harga Emas Turun Rp10 Ribu, Warga Banjarmasin Ini Belum Berniat Beli Emas

Harga emas di Banjarmasin saat ini mengalami penurunan sebesar Rp 10 ribu per gram. 

Penulis: Salmah | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/salmah
Harga emas turun 10 ribu pergram. 

BANJARMASINPOST.CO.ID- Mengawali pekan ini ada kabar baik bagi Anda yang suka investasi emas baik perhiasan berbagai kadar maupun batangan. Sebab harga emas mengalami penurunan Rp10 ribu per gram. 

Tentunya ini menjadi kesempatan untuk membeli sebelum nantinya harga emas akan kembali ke harga pekan lalu atau malah bertambah naik. 

Dikatakan H Dani Taisir, pemilik Toko Emas Taisir 1 Sentra Antasari, Banjarmasin, emas di pasaran antara lain emas 999 batangan, emas 999 perhiasan, emas 750, emas 700 dan emas 420.

Harga emas per 14 Juni 2021 untuk 999  batangan Rp 850 ribu. Emas 999 perhiasan Rp865 ribu, emas 750 Rp690 ribu, emas 700 Rp670 ribu, emas 420 Rp370 ribu. 

Baca juga: Harga Emas di Pegadaian 14 Juni 2021, 1 Gram Kini Rp 991.000, Lihat Daftar Lengkapnya

Baca juga: Harga Emas Antam 12 Juni 2021, Turun Rp 9.000 Jadi Rp 948.000 Per Gram

Ya, harga emas hari ini ada penurunan Rp10 ribu per gram jika dibandingkan sepekan lalu. Adapun perbandingan antara jual dan beli masih 50:50.

Penurunan harga emas ini menurut H Taisir dipengaruhi masalah Covid-19 yang kasusnya mulai mereda sedikit di dunia dan politik global yang tidak bergejolak lagi. 

Begitupula ekonomi di Kalsel mulai bergerak lagi dengan tidak diberlakukannya lagi lockdown atau sejenisnya.

Iwan, karyawan Toko Emas Murnia Banjarbaru, mengatakan, saat ini antara penjualan dan pembelian berimbang, sebab penurunan harga emas hanya Rp10 ribu per gram. 

"Berbeda jika penurunannya lebih besar. Ada kemungkinan banyak orang yang membeli," kata Iwan. 

Ramlah, warga Sungai Lulut, Banjarmasin, mengatakan, sementara ini masih belum berniat membeli perhiasan emas, karena memang belum menganggarkan dananya. 

"Melihat perkembangan saja dulu," kata ibu rumah tangga ini. 

Baca juga: Harga Emas di Pegadaian 11 Juni 2021, Emas Antam dan Emas UBS Kompak Turun

Mengenai naik turunnya harga emas ini memang dipengaruhi berbagai situasi yang terjadi yakni politik, ekonomi, krisis, resesi, atau perang.

Harga emas dalam negeri juga mengacu pada harga emas internasional yang dikonversi dari dolar Amerika Serikat (AS) ke dalam mata uang rupiah. Makanya harga emas sangat dipengaruhi pergerakan rupiah terhadap dolar AS.

Apabila nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah maka harga emas lokal menguat atau tinggi. Sebaliknya, bila nilai tukar rupiah menguat, maka harga emas lokal cenderung turun.  (banjarmasin post.co.id/salmah saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved