Breaking News:

PSU Pilgub Kalsel

Ini Hasil Rekapitulasi PSU Pilgub Kalsel Banjarmasin Selatan

Sahbirin-Muhidin memperoleh suara 47.030 sementara Denny-Difri memperoleh 23.806 dihasil rekapitulasi PSU Pilgub Kalsel Banjarmasin Selatan

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi
Proses rekapitulasi hasil perhitungan surat suara, Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel) 2020. Minggu (13_6_2021) malam 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Proses rekapitulasi hasil perhitungan surat suara, Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel) 2020 selesai dilakukan, Minggu (13/6/2021) malam.

Perhitungan hasil di 301 Tempat Pemungutan Suara (TPS) PSU Pilgub Kalsel yang tersebar pada 12 kelurahan itu, sudah dimulai dari tanggal 11 hingga 13 Juni 2021 atau selama tiga hari.

Hasilnya, pasangan calon Sahbirin-Muhidin memperoleh suara sah sebanyak, 47.030 sementara pasangan calon Denny-Difri memperoleh suara sah sebanyak 23.806.

Dari hasil rekapitulasi tersebut juga didapati surat suara tidak sah, yakni sebanyak 2.616 suara, sehingga total suara sah dan tidak sah berjumlah 73.452 suara.

Baca juga: Rekap Perhitungan Hasil PSU Pilgub Kalsel di PPK Martapura Tuntas, Paman BirinMU Menang Telak

Baca juga: Rekapitulasi Hasil PSU Pilgub Kalsel 2020 di Banjarmasin Selesai Lebih Cepat Sehari

Semua hasil tersebut tercantum dalam berita acara dan sertifikat rekapitulasi hasil perhitungan suara, di tingkat kecamatan dari seluruh TPS, dalam pilgub tahun 2020.

Berdasarkan pengamatan, berita acara dan sertifikat rekapitulasi ditandatangani oleh seluruh panitia pemilihan kecamatan, dan saksi calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 1.

Sementara saksi calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 2, terlihat tidak mendatangani berita acara dan sertifikat rekapitulasi tersebut.

Kemudian karena sudah selesai, logistik PSU pun langsung dibawa menuju gudang KPU Kota Banjarmasin, yang ada di Jalan Adhyaksa, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Baca juga: Covid-19 Telah Renggut 100 Nyawa di Tala, Warga Diminta Tak Lengah Terapkan Prokes

Logistik itu diangkut menggunakan satu unit truk, dari Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan dengan pengawalan Polisi.

"Kotak dan surat suara yang sudah direkapitulasi, selanjutnya kami bawa ke gudang kami. Di sana nanti logistik akan dijaga juga," jelas Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmiati Wahdah.

Selanjutnya dijadwalkan proses rekapitulasi tingkat kota, bakal dilaksanakan antara tanggal 13 hingga 17 Juni 2021.

"Kemungkinan antara tanggal 15 atau 16 Juni Pleno tingkat Kota, tapi kami belum bisa menentukan lagi kapan. Intinya menyelesaikan pleno tingkat kecamatan ini dulu," ucap Rahmi.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved